Toga wisuda (dok piabay.com/Andrea1597)

Daftar Jurusan Kuliah Yang Menjamin Untuk Masa Depan Perempuan

Rini | Pendidikan | 01-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Jurusan kuliah merupakan hal yang harus ditentukan di awal, sebelum memulai perkuliahan. Kebanyakan calon mahasiswa pasti memilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan impiannya, agar latar belakang pendidikannya dapat mendukung karir di masa depan.

Meski saat ini kesetaraan gender sudah berlaku di hampir semua bidang, namun ada saja jurusan kuliah yang dianggap lebih cocok untuk laki-laki, seperti jurusan Teknik Mesin, Teknik Alat Berat, hingga Teknik Pertambangan. Kaum perempuan sepertinya sangat minim yang mengambil pendidikan di jurusan ini.

Agar tak merasa bingung, dalam pembahasan kali ini Parboaboa akan menyarankan jurusan kuliah IPA atau IPS yang menjamin bagi perempuan. Berikut daftarnya:

1. Ilmu Keperawatan

Jurusan pertama yang disarankan untuk perempuan adalah Ilmu Keperawatan. Jurusan ini mempunyai lowongan kerja yang cukup luas di Indonesia, terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Dalam dunia kerja, seorang perawat harus telaten dan sabar saat menangani seorang pasien. Anggapan jika perempuan adalah sosok yang sabar dan telaten, menjadi penyebab jurusan ini dianggap menjadi salah satu jurusan terbaik bagi seorang perempuan.

2. Manajemen

Jurusan manajemen adalah bidang ilmu yang mempelajari hal-hal berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis, tetapi jurusan ini cenderung mengarah pada pengaturan aktivitas perusahaan.

Jurusan ini punya beberapa peminatan, seperti manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran.

Bidang manajemen membutuhkan ketelitian dan berfokus pada detail sehingga jurusan ini dinilai sangat cocok untuk perempuan. Prospek kerjanya pun sangat menggiurkan, lulusan manajemen dapat bekerja pada semua bidang dan seluruh jenis perusahaan, baik swasta, pemerintah, maupun non-profit.

3. Tata Rias Dan Kecantikan

Perempuan identik dengan kecantikan, oleh karena itu jurusan Tata Rias dan Kecantikan tentunya sangat pas untuk seorang perempuan. Tal perlu khawatir soal prospek kerja, karena para lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai menjadi Makeup Artist (MUA), beauty vlogger, bahkan membuka bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit.

4. Tata Busana

Jurusan Tata Busana juga sangat mendukung bagi karir seorang perempuan. Setelah menyelesaikan pendidikan, para lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai perancang busana atau desainer, fashion stylist, fashion illustrator, konsultan fashion, dan jurnalis fashion.

5. Pendidikan

Jurusan kuliah yang menjamin masa depan untuk perempuan lainnya adalah Pendidikan. Perempuan memang dinilai cocok sebagai guru karena lebih sabar dalam menghadapi para siswa dibandingkan dari kaum laki-laki. Sifatnya yang keibuan, mampu mengarahkan dan mendidik para siswa baik itu dari segi ilmu pengetahuan maupun pendidikan kepribadian.

6. Kebidanan

Salah satu jurusan yang berkaitan dengan kesehatan adalah jurusan kebidanan. Jurusan ini juga termasuk jurusan populer dan banyak diminati dan sangat cocok untuk perempuan karena peluang atau prospek kerja kebidanan yang menjanjikan.

7. Kedokteran

Jurusan Kedokteran juga merupakan salah satu jurusan yang sangat banyak dikejar oleh perempuan di Indonesia. Pada akhirnya, lulusan dari jurusan ini akan terjun sebagai dokter.

Memang untuk mengambil jurusan ini diperlukan biaya dan pengorbanan yang sangat besar, namun lusan Pendidikan Dokter biasanya tidak sulit dapat pekerjaan.

Jika sudah sah menyandang gelar Dokter, ada banyak pekerjaan yang bisa digeluti seperti praktik di Rumah Sakit, puskesmas, klinik kesehatan, atau membuka praktik pribadi.

8. Psikologi

Sudah menjadi rahasia umum jika perempuan memang cenderung mempunyai perasaan yang lebih halus, lebih peka, serta lebih cenderung mampu menyentuh posisi emosional dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, jurusan psikologi dianggap cocok bagi kamu perempuan.

Lulusan psikologi diharapkan memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah, mengolah data dan melakukan asesmen, serta mengelola empati dengan baik.

Kemampuan tersebut menjadi bekal bagi sarjana psikologi untuk mengejar karier di berbagai industri. Sebut saja sebagai psikolog, peneliti, asesor, konsultan pendidikan, recruiter atau personalia, dan masih banyak lagi.

9. Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup, setiap orang berkomunikasi satu sama lain setiap harinya. Oleh karena itu jurusan Ilmu Komunikasi masuk dalam jurusan yang tidak akan ada matinya.

Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi akan mempunyai kemampuan menulis, berbicara, dan mendengarkan yang mumpuni. Sehingga prospek kerjanya juga luas mulai dari media televisi, radio, hingga koran.

10. Akuntansi

Akuntansi juga masuk dalam daftar jurusan yang menjamin bagi perempuan. Seperti yang diketahui, jurusan Akuntansi erat kaitannya dengan hitung-hitungan uang.

Akutansi diartikan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan, baik dalam unit moneter atas transaksi-transaksi keuangan dan kejadian-kejadian lain sehubungan dengan keuangan perusahaan maupun dalam menafsirkan hasil-hasil pencatatan.

Prospek kerja jurusan akuntansi terbuka lebar di berbagai sektor yang mempergunakan keahlian di bidang akuntansi, mulai dari sektor perbankan, berbagai perusahan swasta dan nasional, bahkan sampai bidang pemerintahan pusat maupun daerah.

Sudahkah kamu menentukan jurusan kuliah yang akan kamu pilih? Jika belum, semoga beberapa jurusan yang sudah disarankan diatas dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan.

Tag : #kuliah    #jurusan kuliah    #pendidikan    #jurusan terbaik    #jurusan kuliah ipa    #jurusan kuliah ips    #jurusan kulliah wanita   

Baca Juga