Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan (Dok:Parboaboa)

Jangan Salah Pilih! Intip 10 Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Ester | Pendidikan | 28-06-2022

PARBOABOA – Salah satu faktor yang mendukung mendapatkan pekerjaan yang layak adalah dengan berkuliah. Di bawah, Parboaboa akan memberikan kamu informasi jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan. Jurusan apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini.

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting saat ini. Dengan adanya pendidikan, seseorang akan mendapatkan ilmu yang akan diterapkan dikehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, dengan berpendidikan juga seseorang bisa lebih teratur atau terperinci dalam membuat rencana hidup.

Salah satu langkah untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya adalah dengan kuliah. Kuliah adalah tahapan lanjutan setelah seseorang sudah menyelesaikan jenjang SMA/MAN.

Di tahapan kuliah inilah seseorang akan mendapatkan pendidikan sesuai keinginan dan jurusan yang dituju.

Mengikuti perkembangan zaman, saat ini sudah banyak sekali jurusan kuliah yang baru dan lebih spesifik untuk mendapatkan pekerjaan. Ya, seperti yang kita ketahui salah satu faktor utama seseorang mendapatkan pekerjaan di era modern ini adalah dengan berkuliah.

Hal itulah yang dilakukan banyak kampus di Indonesia dalam mengembangkan jurusan-jurusan yang dipakai di lapangan pekerjaan.

Namun, meskipun sudah banyak sekali jurusan yang disediakan di dalam kampus-kampus di Indonesia, tetap saja ada jurusan yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan saat ini.

Oleh karena itu, kamu perlu teliti dan lebih pandai dalam menentukan jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan tetapi sesuai dengan bakat dan minat kamu. Baca selengkapnya disini untuk mengetahui tips memilih jurusan yang baik.

Untuk menghindari kamu dari kesalahan dalam memilih jurusan, di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Jurusan apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Manajemen dan Bisnis

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan yang pertama adalah manajemen dan bisnis. Jurusan yang satu ini memang sudah terkenal dengan prospek kerjanya yang luas. Tidak jarang karena mudah mendapatkan pekerjaan, jurusan manajemen di beberapa kampus kerap menjadi jurusan terfavorit banyak orang.

Prospek kerja dari jurusan manajemen dan bisnis sendiri adalah akuntan publik, bidang perpajakan, bagian keuangan, hingga auditor internal.

Akuntasi dan Keuangan

Mirip dengan jurusan manajemen dan bisnis, jurusan akuntansi dan keuangan adalah salah satu jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Karier dan prospeknya yang mudah untuk ditemukan serta hampir seluruh kampus di Indonesia memiliki jurusan ini di dalamnya.

Prospek kerja dari jurusan akuntasi dan keuangan adalah di bagian sektor keuangan, manajer perpajakan, bank, dan lain sebagainya.

Ekonomi

Masih dengan IPS, jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah ekonomi. Seperti yang kita ketahui, hampir seluruh bidang pekerjaan di Indonesia yang membutuhkan campur tangan seseorang yang handal dalam bidang ekonomi.

Hal itulah yang menjadikan banyak orang mengincari jurusan ekonomi. Prospek kerja yang diberikan oleh jurusan ini adalah dibagian sektor perdagangan, produksi, pemerintahan, hukum, dan lain sebagainya.

Ilmu Komunikasi

Jika kamu tertarik dengan dunia pemerintahan, mungkin kamu sudah tidak asing dengan jurusan yang satu ini. Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan di jejeran peminat terbanyak tahun ini. Selain kuliah yang tidak terlalu berat, jurusan ini juga menjanjikan pekerjaan bagi setiap mahasiswa di dalamnya.

Ilmu komunikasi memiliki prospek kerja dibagian jurnalis, pemerintahan, industri media, social media strategist, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan jurusan ini.

Teknologi Informasi

Beralih ke jurusan yang ada di Saintek atau IPA, jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah teknologi informasi. Mengikuti perkembangan zaman saat ini, tentu kita sudah mengetahui bahwa bagian teknologi adalah salah satu hal yang tidak boleh kita tinggalkan.

Hal itulah yang membuat para mahasiswa lulusan jurusan teknologi informasi mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Beberapa prospek kerja yang dijanjikan untuk jurusan ini adalah infrastruktur aplikasi, data scientist, tata kelola IT, dan lain sebagainya.

Teknik Industri

Jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah teknik industri. Seperti yang kita ketahui, jurusan teknik memang sangat dicari-cari saat ini untuk beberapa bidang pekerjaan. Salah satunya adalah teknik industri.

Prospek kerja dari teknik industri adalah sebagai sistem analisis, operations engineer, analisis program, analisis bisnis, dan lain sebagainya.

Pendidikan Dokter

Bidang kesehatan tidak akan habis sepanjang masa. Hal itulah yang membuat jurusan kedokteran tetap disukai banyak orang. Meskipun harus menempuh kuliah yang relatif lama, namun jurusan kedokteran memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Selain menjadi dokter umum, jurusan kedokteran juga bisa berfokus untuk spesialis seperti saraf, jantung, dokter gigi, dan lain sebagainya.

Ilmu Hukum

Ilmu hukum adalah salah satu jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan saat ini. Seperti namanya, di dalam jurusan ini akan mempelajari seputar ilmu hukum, pemerintahan, hingga kedalam perundang-undangan.

Prospek kerjanya pun cukup luas. Selain menjadi hakim, kamu juga dapat menjadi pengacara, notaris, jaksa, dan lain bagian pemerintahan.

Ilmu Komputer

Mirip dengan teknologi informasi, jurusan ilmu komputer adalah salah satu jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Di dalamnya, setiap mahasiswa akan mempelajari tentang komputer, pemograman, dan lain sebagainya.

Prospek kerja yang diberikan juga luas, yakni data scientist, guru komputer, analisis bisnis, bahkan di bagian pemerintahan sekalipun.

Jurusan Pendidikan

Jurusan pendidikan memang sudah dikenal dengan prospek kerjanya yang luas. Selain itu, jurusan pendidikan juga memiliki banyak sekali cabang jurusan yakni, pendidikan biologi, matematika, fisika, dan lain sebagainya.

Jurusan pendidikan sendiri biasanya memiliki prospek kerja menjadi seorang guru. Dimana, seperti yang kita ketahui, pengajar di Indonesia masih dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan SDM yang maju.

Nah, itu dia jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Semua jurusan yang sudah kami sebutkan tadi dapat menjadi referensi kamu untuk melanjutkan kuliah. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Tag : #jurusan kuliah    #kuliah    #pendidikan    #pekerjaan    #kampus    #sdm   

Baca Juga