Jusuf Kalla mendapat penghargaan tertinggi dari Kaisari Jepang (dok KBRI Tokyo)

Jusuf Kalla dan Yusron Ihza Mahendra dapat Penghargaan dari Kaisar Jepang

Rini | Politik | 11-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Mantan Wakil Presiden Indonesia ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) mendapat penghargaan tertinggi dari Kaisar Jepang, Naruhito.

Penghargaan yang disebut “Grand Cordon of the Order of the Rising Sun” ini, diberikan langsung oleh sang Kaisar melalui upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran (Imperial Palace) pada Selasa (10/05).

JK hadir di kawasan istana Jepang dengan menggunakan pakaian adat Teluk Belanga dan didampingi sang istri, Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Penghargaan ini diberikan kepada JK, atas kontribusinya dalam upaya memperkuat hubungan bilateral serta mempromosikan persahabatan antara Indonesia dan Jepang, selama dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Setelah menerima penghargaan tersebut, dalam pernyataan pers secara virtual, JK mengatakan penghargaan yang diterimanya ini sebagai bukti yang menunjukkan hubungan baik Indonesia dan Jepang.

"Saya merasa bersyukur, tadi pagi oleh Kaisar Jepang diberikan kepada saya The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun, hal ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat kuat," kata JK, Selasa (10/5/2022).

Terlebih lagi Jepang merupakan salah satu mitra penting Indonesia di sektor ekonomi dan politik.

"Sebagai negara yang industrinya maju dan Indonesia ekonomi berkembang, kita membutuhkan partner dagang yang baik, kita butuh investasi, dan Jepang salah satu investor yang baik di Indonesia," lanjutnya.

Meskipun penghargaan ini diserahkan Jepang kepada dirinya sendiri, namun JK menyampaikan jika penghargaan yang diterimanya ini untuk seluruh rakyat Indonesia.

Selain JK, pada hari yang sama mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra juga menerima penghargaan dari Jepang.

Yusron menerima penghargaan kelas dua, Gold and Silver Star dari Kaisar Naruhito, juga atas jasanya dalam membangun hubungan baik antara Jepang dan Indonesia.

Tag : #jusuf kalla    #yusron ihza    #internasional    #kaisar jepang naruhito    #penghargaan tertinggi dari jepang   

Baca Juga