Ilustrasi TikTok sebagai website terpopuler di dunia tahun 2021 versi CloudFlare

Kalahkan Google, TikTok Jadi Website Terpopuler di Dunia 2021

Wanovy | Teknologi | 24-12-2021

Perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare menobatkan alamat TikTok.com sebagai situs website terpopuler di dunia pada 2021 dalam daftar "Top 10 Most Popular Domains 2021".

Dalam membuat daftar ini, CloudFlare melihat seberapa besar trafik atau lalu lintas internet yang masuk ke domain tersebut.

Dengan penghargaan ini, TikTok.com berhasil mengalahkan popularitas situs-situs raksasa dunia lain seperti Google.com, Facebook.com, YouTube.com, Netflix.com, dan lainnya.

Seperti diketahui, tahun sebelum-sebelumnya, menurut CloudFlare, Google.com menjadi juara bertahan sebagai domain situs websiter terpopuler di dunia. Kini, dominasi tersebut dihentikan oleh TikTok.com pada 2021 ini.

Berdasarkan data CloudFlare, domain TikTok.com sebenarnya hanya menempati peringkat ketujuh atau kedelapan dalam daftar domain website terpopuler pada tahun 2020 lalu.

Namun, sepanjang tahun 2021 ini, kunjungan ke domain TikTok.com melejit bahkan berhasil mengungguli Google.com.

CloudFlare sendiri mengungkapkan, pada awal tahun 2021, TikTok sempat beberapa kali saja menjadi website teratas yang paling sering dikunjungi.

Di samping itu, TikTok tercatat pertama kali menempati posisi teratas sebagai situs web yang paling sering dikunjungi selama sehari, yakni pada 17 Februari 2021.

Domain Google.com pun disebutkan masih sempat menguasai peringkat satu sebagai website terpopuler di dunia pada awal-awal tahun 2021.

Akan tetapi, pada semester kedua 2021, domain TikTok.com mulai mendominasi dan hampir memimpin setiap hari sebagai situs website terpopuler di dunia mulai Agustus 2021.

Daftar website terpopuler di dunia versi CloudFlare

Berikut ini daftar 10 Top domain situs website terpopuler di dunia (akhir) 2021 versi CloudFlare:

1. TikTok.com

2. Google.com

3. Facebook.com

4. Microsoft.com

5. Apple.com

6. Amazon.com

7. Netflix.com

8. YouTube.co

9. Twitter.com

10. WhatsApp.com

Perusahaan induk TikTok sendiri yaitu ByteDance yang berbasis di China adalah satu-satunya situs non Amerika Serikat yang masuk dalam 10 besar situs terpopuler tahun 2021 ini.

Salah satu alasan yang membuat pengguna menggemari aplikasi yang menyediakan konten berbentuk video pendek secara massal pada tahun 2021 adalah pandemi COVID-19 yang telah memaksa setiap orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan jauh dari kerumunan atau kegiatan sosial di kehidupan nyata.

TikTok kini juga digunakan oleh banyak orang tidak terbatas usia mereka dan tidak hanya gen Z saja yang terpikat dalam platform ini.

Dengan konten berdurasi pendek, tidak heran jika penggunanya betah untuk bisa menggeser layar berjam-jam menonton video pendek tersebut.

Selain hiburan, TikTok juga memberikan konten yang informatif seperti di YouTube, misalnya konten tips dan trik, resep masakan, cara menggunakan suatu software, dan sebagainya.

Berbeda dengan YouTube, TikTok memberikan durasi yang cukup pendek sehingga pengguna tidak kerepotan untuk menghabiskan waktu lama hanya untuk melihat satu konten saja.

Hal ini tentu membuat banyak pengguna tetap bertahan untuk menggunakannya dan tidak cepat bosan.

Oleh karena itu, tak heran jika TikTok berhasil meraih tahta sebagai website terpopuler di dunia 2021.

Tag : #situs    #website    #website terpopuler    #domain terpopuler    #tiktok   

Baca Juga