Kaleidoskop 2022: Deretan Kepala Daerah yang Terjerat Kasus Korupsi

Kaleidoskop 2022, daftar kepala daerah yang terjerat kasus korupsi (Foto: Parboaboa/Andre S)

PARBOABOA, Jakarta – Baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meresmikan status Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemperintah Provinsi Papua.

Nama Lukas Enembe kini masuk ke dalam daftar kepala daerah yang terjerat kasus korupsi sepanjang 2022.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Indonesia Corrupt Watch (ICW) pada semester pertama 2022, kerugian negara akibat korupsi mencapai Rp36,655 triliun.

Adapun potensi kerugian tersebut muncul akibat adanya 252 kasus korupsi yang melibatkan 612 orang tersangka.

ICW kemudian memaparkan, dari 612 tersangka tersebut, sebanyak 167 orang atau 38 persen di antaranya merupakan aparatur sipil negara, termasuk kepala daerah.

Data tersebut mengungkapkan, ada 12 kepala daerah yang kasusnya ditangani oleh aparat penegak hukum dan 10 di antaranya diusut oleh KPK.

Akan tetapi, dari catatan Parboaboa, setidaknya ada 11 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Sebanyak 6 orang di antaranya merupakan aktor yang telah lama berkecimpung di dunia pemerintahan daerah.

Angka ini lebih banyak jika dibandingkan dengan 3 tahun terakhir. Kaleidoskop berikut dapat dijadikan sebagai catatan untuk menjadi cerminan menatap 2023 yang lebih baik dari sisi pengentasan korupsi di daerah.

Infografis by: Parboaboa/Andre S
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS