parboaboa

Kanselir Jerman Hingga PM Belanda Tiba di Bali Untuk Hadiri KTT G20

Wulan | Nasional | 15-11-2022

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kiri) Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) tiba di Bali (Foto: Tangkapan Layar Instagram/@G20)

PARBOABOA, Jakarta – Sejumlah pimpinan negara terus berdatangan ke Bali jelang pelaksanaan KTT G20. Kanselir Jerman Olaf Scholz hingga Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte sudah mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Welcome the Federal Chancellor of Germany H.E. Olaf Scholz to Bali for the G20 Bali Summit 2022 (selamat datang Kaselir Jerman Yang Mulia Olaf Scholz di KTT G20 Bali 2022)," tulis akun Instagram resmi G20, Selasa (15/11).

Scholz sendiri tiba pada Senin (14/11) malam dengan menggunakan pesawat kenegaraan berwarna putih. Saat turun dari tangga pesawat, Scholz disambut oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Sementara PM Belanda Mark Rutte juga sudah tiba di Bali. Kedatangan Rutte juga diunggah di akun Instagram G20.

"Welcome the Prime Minister of the Netherlands H.E. Mark Rutte to Bali for the G20 Bali Summit 2022," tulis akun Instagram G20.

Selain itu, telah tiba pula PM Singapura Lee Hsien Long, PM Spanyol Pedro Sanchez dan istrinya Maria Begona Gomez Fernandez, PM Kamboja Hun Sen, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Argentina Alberto Angel Fernandez dan istri Fabiola Andrea Yanez.

Sebelumnya, PM Inggris Rishi Sunak dan PM Italia Giorgia Meloni juga sudah lebih dahulu Bali. Ada juga Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden China Xi Jinping, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Rwanda Paul Kagame, dan Madam Jeanette Kagame. Sedangkan pemimpin organisasi internasional yang sudah tiba di lokasi adalah Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

KTT G20 Indonesia

G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Di dalamnya, anggota G20 akan memnpresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan intenasional, dan 60 persen populasi dunia.

Adapun forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali mulai hari ini 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.

Editor: -

Tag: #ktt g20    #kanselir jerman    #nasional    #pm belanda    #olaf scholz    #mark rutte    #bali    #ktt g20 bali 2022   

BACA JUGA

BERITA TERBARU