KM Bukit Raya kapal milik PT Pelni yang akan digunakan untuk isoter di Medan

Kapal Isolasi Apung Terpusat di Medan akan Segera Direalisasikan

rini | Daerah | 13-08-2021

PARBOABOA, Medan - Rencana untuk mendirikan ruang perawatan pasien covid-19 di kapal isolasi apung akan segera diwujudkan oleh Pemerintah Kota Medan. Kapal laut milik PT Pelni akan disiapkan untuk menampung pasien.

"Rencananya, kapal milik PT Pelni itu akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gajala ringan maupun orang tanpa gejala," kata Bobby Nasution, Kamis (12/8).

Bobby telah menandatangani kerja sama antara Pemko Medan dengan PT Pelni disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dilakukan secara virtual.

Fasilitas kapal apung isolasi terpusat ini diberikan sebagai bantuan penanganan covid-19 di Kota Medan yang masih tinggi.

ďAtas nama Pemko Medan, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas perhatiannya terhadap masyarakat Kota Medan, sehingga KM Bukit Raya dapat digunakan dan dijadikan sebagai lokasi isoter," kata Bobby.

KM Bukit Raya akan tiba di Pelabuhan Belawan pada Senin (16/8) dan akan dilakukan penataan dan penyediaan alat kesehatan pendukung yang dibutuhkan selama isolasi.

KM Bukit Raya sendiri mampu menampung sebanyak 478 tempat tidur. Selain untuk menangani pasein Covid-19 di Medan Utara, fasilitas ini tentu bisa digunakan oleh seluruh warga Medan.

"Ini sebagai langkah awal, jika ada warga Medan bagian utara yang terkonfirmasi dan berada dalam zona merah, akan sangat kejauhan jika dibawa ke wilayah bagian Barat ataupun Selatan. Untuk itu, kita persiapkan KM Bukit Raya sebagai tempat penanganan awal," terangnya.

Adapun program kapal apung isoter ini juga akan beroperasi di beberapa wilayah yaitu: Bitung (Sulawesi Utara), Kabupaten Minahasa Utara, Sorong dan Jayapura.

Tiga kapal disediakan yaitu: KM Tatamailau disiagakan di Pelabuhan Bitung. Sementara KM Sirimau di Pelabuhan Sorong dan KM Tidar di Pelabuhan Jayapura.

Tag : daerah,kesehatan

Berita Terkait