Ilustrasi

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Begini Cara Mengatasinya

Wanovy | Teknologi | 19-12-2021

Sebagian besar orang saat ini tentunya sudah banyak yang menggunakan email. Salah satu penyedia layanan email terbesar saat ini ialah Gmail, milik raksasa teknologi Google.

Sebagai layanan email, Gmail biasanya digunakan untuk berbagai keperluan aktivasi dan berlangganan di sebuah platform atau sekadar berkirim pesan.

Namun, tahukah Anda bahwa layanan Google Mail atau Gmail memiliki penyimpanan yang terbatas? Meskipun Anda masih merasa Gmail Anda tak ada masalah dan masih bisa menerima banyak e-mail, tapi ketahuilah suatu saat penyimpanan tersebut akan penuh.

Jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi Gmail yang penuh dan tidak bisa lagi menampung pesan masuk.

Beberapa cara berikut adalah cara pintas yang akan memudahkan pengguna mengelola kapasitas Gmail yang hampir penuh.

1. Menghapus file di Google Drive

Google memang memberikan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 15 GB untuk setiap akun yang dibuat. Namun, kapasitas ini dibagi antara Gmail, Google Drive dan Google Photos.

Jika Anda menyimpan banyak file di Google Drive, kapasitas ruang penyimpanan di Gmail Anda akan berkurang.

Daripada Anda tak bisa mengirim email, lebih baik hapus file yang tidak terlalu penting yang ada di Google Drive. Jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Untuk menghapus, klik kanan file lalu pilih Remove. File akan masuk ke Trash dan pilih opsi Delete Forever jika ingin menghapus selama-lamanya.

2. Hapus Email Promosi

Email promosi biasanya dikirim karena Anda memiliki akun atau aplikasi tertentu. Terkadang email promosi dibutuhkan untuk mendapatkan informasi baru tetapi karena jumlahnya cukup banyak jadi membuat Gmail penuh.

Untuk itu bagi yang ingin membuat Gmail lebih lega silahkan hapus atau kosongkan email promosi Anda. Menghapus email promosi memang cukup memakan waktu tetapi ampuh mengatasi Gmail yang penuh.

3. Hapus email berukuran besar

Cara cepat untuk mengatasi Gmail penuh berikutnya adalah dengan menghapus berbagai file e-mail yang memiliki ukuran besar. Memang mayoritas ukuran e-mail cenderung kecil. Namun mungkin saja Anda pernah mengirim beberapa file gambar dengan ukuran yang besar.

Untuk menghapus file dengan ukuran besar cukup mudah. Anda perlu masuk pada kolom pencarian, klik “tampilkan opsi pencarian” yang berada pada bagian kanan kolom pencarian.

Kemudian, atur jenis file yang ingin dihapus berdasarkan ukuran dan waktu dengan mengklik kolom "lebih dari", ukuran dan satuannya, misalnya "25 MB", dan "cakupan tanggal" penerimaan e-mail, mulai dari sehari hingga setahun.

4. Hapus file di Google Photos

Sering memakai Google Photos untuk menyimpan foto dan video narsis? Tanpa disadari, perlahan-lahan file foto dan video ini akan penuh. Agar bisa mengakses Gmail, coba hapus file yang ada di Google Photos. Cara menghapusnya cukup mudah, yaitu buka photos.google.com terlebih dahulu lalu pilih Foto.

Lalu, centang foto di bagian kiri atas. Klik ikon Hapus di bagian kanan atas dan pilih Pindahkan ke Tempat Sampah. Selanjutnya, klik tiga garis di bagian kiri atas, pilih Sampah dan pilih Kosongkan Sampah untuk menghapus file secara permanen. Foto yang ada di Sampah akan terhapus dengan sendirinya dalam kurun waktu 60 hari.

5. Hapus email lama atau yang dirasa tak penting

E-mail yang terlalu lama mungkin sudah tak penting lagi. Tumpukan e-mail ini terkadang membuat penuh ruang penyimpanan Gmail Anda. Untuk mengatasinya hapuslah email-email yang terlalu lama.

Caranya mudah sekali, klik bilah pencarian dan klik “tampilkan opsi pencarian”, Kemudian, pilih kolom “cakupan waktu”. Pilih jangkauan waktu penerimaan e-mail, mulai dri sehari sampai setahun.

Anda juga dapat menyaring kotak masuk Anda dengan menghapus berbagai email tidak penting, seperti email promosi dari aplikasi yang telah Anda unduh, email yang dirasa spam, atau berbagai pemberitahuan lain yang kurang penting.

Demikianlah tips mengatasi kapasitas penyimpanan Gmail yang penuh. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #gmail    #penyimpanan gmail penuh    #email    #tips   

Baca Juga