Kasus Covid-19 Hari Ini (12/7) Jadi Penambahan Kasus Terbanyak Indonesia Selama Pandemi

Kasus Covid-19 Hari Ini Jadi Penambahan Kasus Terbanyak Indonesia

rini | Kesehatan | 12-07-2021

Inveksi virus corona di Indonesia kembai membuat rekor. Hari ini (12/7) sebanyak 40.427 kasus baru bertambah, dan mencatat rekor sebagai penambahan kasus terbanyak selama pandemi.

Kasus baru yang terkonfirmasi positif hari ini kembali mencatatkan rekor," kata Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi, lewat keterangan pers via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021) sore.

Sebanyak 34.754 dinyatakan sembuh, namun ada 891 kasus meninggal.

Tingginya penambahan kasus harian ini menjadi sorotan dunia. Beberapa negara bahkan melarang kunjunan dari WNI. Berikut daftanya:

1.    Singapura

Larangan berkunjung ke Singapura ini berlaku mulai 12 Juni. Bukan Cuma WNI, pendatang yang punya riwayat singah k Indonesia dalam waktu 21 hari terakhir tidak akan diizinkan untuk transit via Singapura..

2.    Hong Kong

Hong Kong telah menutup penerbangan dari Indonesia sejak 23 Juni 2021. Otoritas Hong Kong memutuskan menyetop penerbangan dari Indonesia lantaran adanya beberapa penumpang yang ditemukan positif Covid-19, berdasarkan hasil tes setelah mendarat di Hong Kong. Bahkan Hong Kong menetapkan Indonesia dalam kategori negara A1 atau berisiko tinggi penularan Covid-19.

orang yang telah tinggal di Indonesia lebih dari dua jam untuk naik penerbangan ke Hong Kong. Aturan itu termasuk pula melarang perjalanan ke Hong Kong via transit dari Indonesia

3.    Uni Emirat Arab

Sejak Minggu (11/7/2021) kemarin, Uni Emirat Arab melarang masuk warga negara Indonesia. Meski begitu,  larangan ini tak berlaku untuk penerbangan transit menuju kedua negara.

Uni Emirat Arab juga akan mencegah warganya bepergian ke Indonesia kecuali untuk misi diplomatik, kasus perawatan medis darurat, delegasi resmi dan delegasi ekonomi dan ilmiah yang sebelumnya berwenang.

4.    Taiwan

Taiwan bahkan melarang pekerja imigran Indonesia masuk negara itu sejak Desember 2020. Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan (CECC) 4 Desember 2020 mengumumkan keputusan itu diambil berdasarkan angka kasus virus Corona di Indonesia.

5.    Oman

Oman mengumumkan mulai 9 Juli 2021 Indonesia dan delapan negara lain dilarang masuk. Begitu pula dengan traveler yang berada di Indonesia dalam tempo 14 hari terakhir. Oman juga melarang warga negaranya untuk bepergian ke Indonesia.

6.    Arab Saudi

 Hingga saat ini, Arab Saudi belum mencabut status Indonesia dari daftar negara yang dilarang masuk sejak Februari. Arab Saudi mempertimbangkan penilaian atas perkembangan kasus Covid-19. Indonesia termasuk di dalamnya bersama antara lain Lebanon, Mesir, dan Pakistan.

Tag : #kesehatan   

Baca Juga