Ilustrasi sarjana

Kaum Perempuan Harus Tau! Ini Alasan Penting Pendidikan Bagi Perempuan

Dimas | Pendidikan | 21-03-2022

PARBOABOA – Di zaman yang modern ini, pendidikan yang memadai merupakan hal yang wajib bagi seluruh lapisan masyarakat. Namun, tingkat kesadaran akan pentingnya pendidikan masih sangat rendah khususnya bagi para perempuan.

Di Indonesia hal tersebut juga masih sangat melekat, khususnya di beberapa daerah terpencil yang awam akan pengetahuan. Banyak anggapan bahwa perempuan tidak perlu menempuh pendidikan tinggi karena pada akhirnya hanya akan berkutat di dapur dan mengurus urusan rumah. Ironisnya, perempuan yang harusnya dihormati hanya di pandang sedangkal itu.

Banyak yang belum memahami mengapa pendidikan itu juga sangat penting bagi perempuan. Inilah beberapa alasan mengapa pendidikan yang tinggi itu juga harus didapatkan oleh perempuan:

Perempuan Guru Pertama Seorang Anak

Seorang perempuan nantinya akan menjadi seorang ibu dan juga guru pertama bagi anaknya. Seperti yang kita tahu, perempuan yang cerdas pastinya akan melahirkan anak yang demikian pula.

Seorang ibu yang cerdas dan berpendidikan dinilai dapat dan mampu memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya kelak. Oleh karena itu, pendidikan memang sangat penting bagi perempuan guna melahirkan generasi-generasi penerus yang cerdas di masa mendatang.

Perempuan Bisa Bawa Pengaruh Positif

Saat ini banyak sekali perempuan yang membawa pengaruh positif dan menjadi tokoh yang dapat di teladani, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Maudi Ayunda.

Mereka adalah perempuan-perempuan yang sukses dibidangnya berkat pendidikan tinggi yang mereka tempuh.

Penunjang Karier

Di zaman modern, perempuan juga seharusnya tidak memiliki masalah dalam memiliki karier. Selain nantinya mengurus rumah, perempuan juga seharusnya bisa membantu perekonomian keluarga.

Untuk memiliki karier yang baik, pastinya pendidikan yang tinggi menjadi faktor utamanya.

Perempuan Punya Hak yang Sama Dengan Laki-Laki

Perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki apalagi untuk urusan pendidikan, mereka boleh menempuh pendidikan setinggi mungkin untuk meraih mimpinya. Bukan hanya laki-laki yang bisa jadi arsitek atau dokter, perempuan pun juga memiliki kemampuan yang sama atau bahkan lebih baik.

Itulah alasan mengapa mengenyam pendidikan yang tinggi juga sangat penting bagi perempuan. Sudah saatnya mengubah pemikiran bahwa perempuan akan sia-sia jika menempuh pendidikan yang tinggi.

Tag : #perempuan    #karier    #pendidikan    #cerdas   

Baca Juga