area hutan yang terbakar

Kebakaran Hutan dan lahan di Riau Masih Berlanjut

rini | Daerah | 22-07-2021

PARBOABOA, Riau - Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) di kawasan hutan lindung Bukit Suligi Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau yang terjadi sejak Selasa (20/7) sampai hari ini belum padam. Kebakaran masih terus meluas dan diperkirakan telah membakar 70 hektar.

Tim gabungan dari TNI, olri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Masyarakat Peduli Api (MPA) bahu membahu melakukan pemadaman. Namun upaya ini tidak terlalu berhasil, karena tidak adanya sumber air di lokasi kebakaran.

Pemadaman akhirya dilakukan dengan dengan bantuan helikopter.

"Pemadam hari ini dibantu helikopter water bombing. Dengan adanya pemadaman dari udara, kita berharap api cepat padam," ujar sertu Faisal Siregar.

Cuaca di lokasi panas dan angin kencang dikhawatirkan mempercepat penyebaran api.

Ada kecurigaan bahwa lahan sengaja di bakar, karena di lokasi tampak pohon telah ditebang.

"Ada tiga orang yang kita amankan. Mereka berinisial KA (45), SR (45), dan ED (46). Tapi, saat ini masih dalam penyelidikan. Kami juga berkoordinasi dengan Polres Rokan Hulu," kata Kapolsek Tandun AKP S Sinaga, Kamis (22/7).

Sementara itu, dari data satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, terpantau sebanyak 64 titik api di Riau, dan terbanyak masih di Kabupaten Rokan Hilir 43 titik, disusul Kabupaten Bengkalis 10 titik, Meranti 2 titik, Kampar 1 titik, Pelalawan 2 titik, Rokan Hulu 4 titik, Siak 1 titik, dan Inhil 1 titik.

Tag : #kebakaran   

Baca Juga