Tim Mangggala Agni Sibolangit berupaya memadamkan titikt-itik api di Bukit Tongging Kabupaten Karo.

Kebakaran Lahan di Bukit Tongging Sampai Seluas 25 Hektar

maraden | Daerah | 30-07-2021

PARBOABOA, Karo Sebanyak 25 hektare lahan di lereng perbukitan Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Kamis (29/7/2021) terbakar. Hingga saat ini, petugas gabungan masih melakukan pemadaman kebakaran lahan di kawasan tersebut.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ini bukan yang pertama kali, sebelumnya pada Juni 2020 lalu karhutla di tempat yang sama juga pernah terjadi.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Angin kencang dan rumput ilalang yang mudah terbakar membuat api cepat membesar.

"Benar tejadi kebakaran hutan. Sumber api di perbukitan Tonging. Total lahan yang terbakar di seluas 25 hektare," kata Angfier Sinaga, Humas Manggala Agni Sibolangit, Jumat (30/7/2021).

Anglifer menambahkan pihaknya melakukan upaya memadamkan lahan yang terbakar Maggala Agni Sibolangit dibantu petugas dari Dinar Kebakaran Kabupaten dan instasi terkait lainnya. Namun, petugas kesulitan memadamkan api karena medan di lereng perbukitan yang penuh bebatuan yang rawan jatuh.

Angfier juga mengatakan bahwa saat ini kondisi api sudah berhasil dikendalikan petugas. Namun petugas masih harus melakukan proses mop up atau pengecekan sisa-sisa bara api.

"Kondisi saat ini sudah aman, dan petugas sedang melakukan mop up," ucapnya. 

Ketika ditanya dugaan sementara terjadinya kebakaran ini, Angfirr mengatakan jika peristiwa kebakaran ini murni karena faktor alam. 

Tag : #kebakaran    #bencana-alam    #daerah    #wisata   

Baca Juga