Ilustrasi Kebudayaan Non Benda (Dok.Kumparan)

Apa Itu Kebudayaan Non benda? Berikut Penjelasan Lengkap Dengan Contohnya

Mei | Pendidikan | 02-06-2022

PARBOABOA - Tahukah kamu? Kebudayaan adalah sebuah unsur yang sejatinya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini disebabkan karena kebudayaan sudah lama ada dan hidup berdampingan dengan masyarakat.

Pada umumnya sebuah kebudayaan terdiri dari beberapa hal dasar, mulai dari nilai, akal, budi, moral, tujuan, hingga adat istiadat.

Sebuah kebudayaan juga kerap dikaitkan dengan kebiasaan. Nah, adanya kebiasaan yang terus menerus terjadi dan pada hakikatnya sudah menjadi hal lumrah di masyarakat ini akan berujung dengan mnuculnya sebuah kebudayaan.

Diperlukan waktu yang cukup lama untuk membentuk sebuah kebudayaan, sehingga tak jarang kebudayaan juga kerap dijadikan sebagai identitas suatu kelompok masyarakat.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai seputar kebudayaan, penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Unsur Kebudayaan

Setelah kalian sudah mengetahui sekilas mengenai pengertian kebudayaan, maka ada baiknya juga nih jika kalian mengetahui unsur kebudayaan.

Nah, menurut pendapat dari Koentjaraningrat, terdapat 7 unsur kebudayaan, seperti berikut ini.

1. Bahasa

Unsur kebudayaan yang pertama adalah bahasa. Bahasa merupakan sebuah alat yang diperlukan manusia untuk melakukan komunikasi dengan makhluk lainnya, mengingat manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

2. Sistem Pengetahuan

Unsur kebudayaan yang berikutnya adalah sistem pengetahuan. Kita semua tahu bahwa pengetahuan merupakan sebuah hal yang penting dalam kehidupan. Dengan berbekal pengetahuan kita dapat melakukan apa saja. Pada dasarnya pengetahuan itu juga diperoleh dengan melakukan sosialisasi.

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial

Unsur kebudayaan yang berikut nya adalah adanya sistem kemasyarakat. Sistem ini nantinya sangat berperan dalam penyebaran serta pengkoordinir sebuah kebudayaan tersebut.

4. Peralatan Hidup dan Teknologi

Nah, untuk mendukungnya sebuah kebudayaan, maka diperlukan yang namanya perlatan dan tehnologi. Perlatan ini juga dapat dijadikan sebagai media penyalur kebudayaan. Sedangkan tehnologi dapat berperan dalam memajukan kebudayaan tanpa harus menghilangkan versi aslinya.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Unsur kebudayaan berikutnya adalah sistem mata pencaharian hidup. Ternyata hal ini juga dapat membentuk suatu kebudayaa. Dimana aka nada sebuah kebiasaan-kebiasaan dalam melakukan aktivitas ini. Hal ini tentu dapat merujuk pada terjadinya sebuah kebudayaan.

6. Sistem Agama

Unsur kebudayaan yang berikutnya adalah sistem agama yang lebih identik dengan kepercayaan, agama, sampai ritual-ritual adat yang ada di masyarakat.

7. Kesenian

Unsur kebudayaan yang terakhir adalah kesenian. Kebudayaan memang sangat di identikan dengan sebuah kesenian. Seni merupakan wujud dari hasil pemikiran seseorang dengan mempertimbangkan sebuah indikator keindahan.

Kebudayaan Non Benda

Pada dasarnya kebudayaan dapat dibagi menjadi dua, yakni kebudayaan benda dan juga kebudayaan non benda.

Kebudayaan benda merupakan sebuah kebudayaan yang dihasilkan dalam bentuk benda, dapat dilihat dan juga dapat disentuh. Kebudayaan yang satu ini cenderung memiliki wujud.

Sedangkan kebudayaan non benda adalah lebih merujuk pada tingkah laku, ide, morma, adat istiadat, pengetahuan, etika, serta estetika.

Nah, berikut ini beberapa contoh dari kebudayaan non benda.

1. Tarian

Salah satu contoh kebudayaan non benda adalah tarian. Pada dasarnya, tarian merupakan bagian gerak tubuh dengan konsep ritmis yang menjadi salah satu saluran dari perasaan dan juga ekspresi jiwa dari sang pencipta tari.

Tarian dapat dikatakan sebagai kebudayaan non benda karena pada hakikatnya tarian hanya bisa dilihat dan juga dinikmati, namun tidak untuk disentuh.

2. Musik

Contoh kebudayaan non benda adalah musik. Kita semua tahu musik merupakan salah satu hal yang bentuk ya tidak terlihat, namun dapat dirasakan dan didengar oleh telinga.

3. Kisah Legenda

Salah satu contoh kebudayaan non benda adalah kisah legenda. Legenda merupakan sebuah cerita yang diwariskan secara turun temurun ke generasi  secara lisan. Biasanya lengenda ini akan ditampilkan dalam bentuk visual, seperti teater misalnya.

4. Puisi, Sajak, dan Pantun

Contoh kebudataan non benda yang berikutnya adalah karya sastra lama yang berupa pantun, puisi, sajak, dan juga pantun.

Ketiga jenis karya sastra ini biasayanya akan ditampilkan secara lisan dengan mengungkapkan sebuah makna tersirat yang cukup dalam.

5. Tradisi atau Adat Istiadat

Salah satu contoh kebudayaan non benda yang berikutnya adalah tradisi atau adat istiadat.. bentuk kebudayaan ini memang sudah ada dalam waktu yang cukup lama dan menjadi sebuah dasar dalam terbentuknya sebuah kebudayaan.

6. Kepercayaan

Contoh kebudayaan non benda adalah kepercayaan. Hal ini memang menyangkut tentang sebuah perasaat dan tidak dengan wujud.

Hingga kini, di Indonesia masih berkembang kepercayaan masyarakat, seperti di tanah Jawa dikenal dengan adanya Kejawen, di daerah Sunda ada Sunda Wiwitan, dan lainnya.

Tag : #kebudayaan    #budaya    #pendidikan    #adat    #seni    #art   

Baca Juga