Kebun mini depan rumah, foto: Aktualita

7 Ide Kreatif Kebun Mini Depan Rumah Simple

Wanovy | Travel | 23-11-2022

PARBOABOA - Mau tahu cara membuat kebun mini depan rumah yang bisa diisi sayur dan buah-buahan? Ayo cek tahapan, desain, hingga ide bibit kebunnya di sini!

Hobi berkebun di rumah itu hanya bisa dilakukan mereka yang punya halaman luas saja. Ah, itu hanya mitos saja kok!

Kegiatan ini diperuntukkan bagi siapa saja, termasuk mereka yang punya rumah dengan lahan mungil sekalipun.

Caranya adalah dengan membuat kebun minimalis imut seperti ini. Jangan pernah berpikir bahwa luas lahan rumah adalah hambatan untuk menyalurkan hobi berkebun mu di rumah.

Sekarang ini makin banyak orang yang aktif menyalurkan kegemerannya tersebut dengan membuat kebun minimalis berukuran 1 m².

Bukan hanya mereka yang telah profesional, desain kebun seperti ini pun, telah dimanfaatkan para pecinta berkebun yang masih amatir.

Tertarik untuk membuatnya di rumah? Coba perhatikan tips, trik, dan cara membuat kebun mini depan rumah tersebut di bawah ini ya!

1. Kebun sayur di balkon

Sebagai pengganti halaman belakang, kamu bisa memanfaatkan area balkon sebagai kebun sayur mini dirumah kamu.

Kamu bisa memilih jenis-jenis sayuran dan buah-buahan yang tak terlalu banyak memakan tempat. Gunakan pot atau box planter dan tata dengan rapi.

Kamu juga bisa menggunakan teralis tanaman untuk menopang tanaman-tanaman seperti tomat, atau sayuran merambat lainnya agar lebih tertata dan terlihat indah.

2. Vertikal garden untuk lahan yang sempit

Memiliki pekarangan yang sempit, bukan penghalang untuk memiliki kebun sayur sendiri. Kamu bisa membuat model vertical garden sebagai solusi yang tepat.

Tentukan dinding untuk ditanami vertical garden dan pastikan dinding tersebut kuat untuk menopang beban media tanam dan tanaman.

Ada banyak hal yang dapat kamu pilih untuk menanam sayuran dengan vertical garden, salah satunya kantung tanaman yang lebih murah dan efisien.

Dengan kantung-kantung tanaman tersebut, kamu bisa menanam sayuran ataupun buah-buahan yang berbeda-beda.

3. Desain kebun sayur di belakang rumah yang sempit

Area belakang rumah yang rempit, juga bisa disulap menjadi kebun sayur dan buah. Kamu bisa menggunakan box planter sebagai tempat menanam sayuran agar terlihat lebih tertata dan terhindar dari rumput-rumput pengganggu di belakang rumah.

Buat kamu yang akan menanam tomat atau sayuran jenis merambat, kamu bisa menambahkan teralis tanaman untuk menopang tanaman agar tidak merambat ke tanah dan membuat penampilan kebun jadi tidak beraturan.

4. Inspirasi kebun sayur di pekarangan yang sempit

Meskipun pekarangan rumah kamu sempit dan sudah di semen semua, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki kebun sayur impian.

Kamu bisa memenuhi pekarangan rumah kamu dengan pot-pot atau box planter yang ditanami jenis sayuran dan buah yang kamu inginkan.

Hanya saja dalam menempatkan box planter, pastikan kamu memiliki jalan atau akses untuk menjangkau setiap tanaman.

5. Manfaatkan dinding rumah

Dinding rumah kamu yang polos juga bisa dirumah menjadi vertical garden untuk menanam sayur-sayuran yang kamu suka.

Cukup tempelkan dinding kamu dengan pipa paralon atau box planter yang memanjang, maka kamu bisa memiliki kebun sayuran meskipun kamu tidak memiliki pekarangan yang luas.

6. Inpirasi kreatif kebun sayur dan buah dengan botol plastik bekas

Botol plastik bekas juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat vertical garden yang cantik dan tentunya lebih menghemat tempat.

Kamu bisa menempelkan botol-botol platik tersebut di dinding yang akan dijadikan kebun secara vertical.

Kamu bahkan bisa menanam berbagai jenis sayuran dan buah seperti stroberi di kebun mini kamu.

7. Kebun sayur mini dalam satu pot besar

Untuk tanaman bumbu dapur yang berukuran kecil, mungkin anda akan kesulitan untuk merawatnya setiap hari jika dipisah dalam beberapa pot. Sebagai gantinya, cobalah anda menggunakan sebuah pot besar kemudian tanam bumbu dapur tersebut bersebelahan satu sama lain.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi cara membuat kebun mini depan rumah yang mudah untuk ditiru. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com!

Tag : #kebun mini    #taman rumah    #rumah    #model rumah    #rumah minimalis   

Baca Juga