Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro resmi diboyong ke Indonesia dalam peluncuran yang dilakukan secara virtual, Kamis (4/11/2021) malam.

Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi 11T, Tak Ada Fingerprint?

Wanovy | Teknologi | 06-11-2021

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro resmi diboyong ke Indonesia dalam peluncuran yang dilakukan secara virtual, Kamis (4/11/2021) malam.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse memastikan kedua ponsel tersebut mendukung jaringan 5G yang telah digelar komersil oleh operator seluler di Indonesia.

Dirinya mengatakan Xiaomi 11T Series merupakan ponsel yang bisa di katakan sebagai salah satu Flagship Killer di tahun ini.

Bagaimana tidak dengan bandrol harganya yang hanya 5 jutaan ponsel ini sudah setara secara perfoma dengan smartphone puluhan juta.

Munculnya Xiaomi 11T tentu saja untuk membuntuti generasi sebelumnya yakni Xiaomi MI 10T yang notabene hadir dengan spek yang mempuni di kelas harganya saat itu.

Untuk Xiaomi 11T rasanya tak hanya spek saja yang bagus, bahasa desainnya juga terlihat flagship.Berikut adalah ulasan lengkap soal kekurangan dan kelebihan Xiaomi 11T.

1. Desain

Secara desain Xiaomi Mi 11T terbilang premium. Meskipun cukup di sayangkan hampir mirip dengan desain ponsel Xiaomi lainnya, bahkan sekilas desainnya mirip seri Note.

Sedangkan untuk layarnya akan menggunakan layar dengan desain punch hole dibagian tengah. Xiaomi 11T bakalan hadir dengan 3 pilihan warna menarik seperti Meteorite Gray, Moonlight White dan Celestial Blue.

Kesan mewah akan di tampilkan dengan material body bagian belakang yang terbuat dari material kaca. Sedangkan untuk bagian sampingnya akan menggunakan alumunium frame yang kuat.

2. Full HD 120Hz

Layar yang sudah mendukung refresh rate 120Hz ini bakalan memanjakan penggunannya. Hal ini juga tidak terlepas dari hadirnya layar dengan resolusi 1080 x 2400 pixels full HD dengan perfoma yang bagus.

Selanjutnya layarnya juga akan semakin di sempurnakan dengan kerapatan pixel sampai dengan 395 ppi. Dengan kata lain tampilan layarnya akan sangat jernih karena keraptannya yang bagus.

Sedangkan untuk melindungi layar tersebut ponsel ini bakalan hadir dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan layar yang juga di gunakan pada bagian depan dan belakang.

3. Layar Lebar AMOLED

Salah satu hal yang paling penting dari ponsel adalah di layarnya. Untuk ponsel ini akan menggunakan layar dengan dimensi 6.67 inchi yang memiliki tampilan luas dengan spek rasio 20:9 ratio.

Layar yang sudah mendukung HDR10+ ini sudah jelas bakalan memberikan perfoma tampilan yang tajam dan berkualitas. Pengguna yang suka nonton video dan bermain game sudah pasti akan sangat di manjakan oleh layar amoled-nya.

Biasanya, panel AMOLED mendukung sistem biometrik kekinian, yaitu pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di bawah permukaan layar (under-display).

Kendati begitu, kedua model Xiaomi 11T Series tadi tidak menyediakan fitur tersebut. Sebagai gantinya, sensor fingerprint diletakkan di bagian bingkai kanan (side) kedua ponsel tersebut, bersamaan dengan tombol power, sama seperti pendahulunya.

Menurut Alvin Tse, Xiaomi masih mengandalkan side-fingerprint lantaran fitur fingerprint di layar menurut Alvin bakal sedikit mengganggu performa ponsel, begitu juga faktor harganya.

"In-screen fingerprint sebenarnya bisa sedikit meningkatkan penggunaan baterai, dan biaya pembuatan ponsel juga bakal sedikit meningkat," kata Alvin.

4. Chipset Setara Flagship

Bagian chipset juga menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Mi 11T lainya. Dengan chipset MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G fabrikasi 6 nm membuatnya mampu melibas semua game berat sekalipun dengan sangat baik.

Dengan demikian perfomanya akan sangat bagus untuk pengguna yang sering intens menggunakan ponsel. Perfomanya juga akan di sempurnakan oleh CPU bertenaga serta GPU Mali-G77 MC9 yang akan menunjang perfoma grafis semakin baik lagi.

5. Kamera

Untuk bagian kamera utama sendiri bakalan ada triple kamera yang memiliki konfigurasi sanagt menarik. Dengan susunan kameranya sendiri 108 MP lensa wide, 8 MP ultrawide dan 5 MP Telephoto.

Masing-masing lensa bakalan memiliki kemampuan bukakan yang bagus. Belum lagi beberapa fitur pendukung yang melengkapinya seperti Dual-LED dual-tone flash, HDR dan panorama semakin meningkatkan hasil jepretannya.

Selain bagus dalam tangkapan kamera, untuk kamera belakang ponsel ini juga mampu merekam Video dengan resolusi sampai 4K. Fitur spesial seperti gyro-EIS bakalan menyempurnakan hasil kamera dan video.

Pada bagian kamera depan, pengguna bakalan mendapati kamera dengan lensa tunggal 16 MP wide. Dengan dukungan beberapa fitur membuatnya bakalan memiliki perfoma yang sangat bagus seperti bukakan f/2.5.

Kamera depan masih di katakan mempuni, meskipun diakui bukanlah yang terbaik di kelasnya. Untuk kamera depan ini mampu merekam Video dengan resolusi sampai dengan Full HD secara maksimal.

6. Fitur NFC
Selain sudah mendukung koneksi internet 5G, adanya fitur NFC pada ponsel ini juga akan semakin menyempurnakan koneksinya. Untuk pengguna yang suka berteransaksi menggunakan e-money fitur NFC memang sudah wajib harus ada.

Sedangkan untuk fitur koneksivitas lainnya seperti WiFi, GPS, Navigasi, Bluetooth, dan lainnya juga sudah lengkap. Jadi untuk bagian koneksivitas memang bisa di katkan sangat bagus dan lengkap.

Tak sampai disitu, dikutip dari beberapa sumber ponsel terbaru Xiaomi ini akan dilengkapi dengan IP53. Namun perlu di ingat kalau fitur ini hanya akan mendukung Terlindung dari semprotan air saja.

Tag : teknologi, gadget, xiaomi 11t, review

Berita Terkait