Windows 11

Windows 11 Meluncur, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Wanovy | Teknologi | 06-10-2021

Microsoft resmi meluncurkan Windows 11 ke semua pengguna mulai kemarin, Rabu (5/10/2021). Sistem operasi teranyar itu kini bisa diunduh secara cuma-cuma oleh para pemilik komputer berbasis Windows 10 hingga pertengahan 2022.

Untuk memastikan bahwa OS tersebut bisa berjalan di komputer Anda, sebaiknya simak dulu persyaratan spesifikasi Windows 11 seperti yang diuraikan oleh Microsoft di situsnya. Selengkapnya sebagai berikut :

- CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz

- RAM: 4 GB

- Storage: 64 GB

- System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot

- TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0

- GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0

- Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel .

- Syarat lainnya: Koneksi internet dan akun Microsoft

Perlu diingat, tidak semua prosesor (CPU) kompatibel dengan Windows 11, meskipun memiliki dua core 1 GHz atau lebih. Prosesor yang usianya sudah beberapa tahun, seperti dari keluarga Intel Core generasi ke-7 dan AMD Ryzen generasi pertama atau yang lebih tua, kemungkinan tak didukung.

Sementara itu, daftar PC/Laptop yang sudah kebagian Windows 11 diantaranya adalah Acer Aspire Vero, Asus ProArt Studiobook Pro 16 OLED,HP Envy 34 All-in-One, Lenovo Yoga Slim 7 Carbon, dan Surface Laptop Studio.

Lantas, apa saja kelebihan dan kelemahan Windows 11?

Kelebihan Windows 11

1. Tampilan Desain Windows 11

Keunggulan yang pertama yang dimiliki Windows 11 yaitu, memiliki tampilan baru yang lebih fresh, dibandingkan versi sebelumnya yaitu Windows 10.

Desainnya mirip dengan sistem operasi Mac OS X dan Linux, tombol Start Menu Windows 11 juga secara default (bawaan) sekarang berada di sisi tengah.

2. Tampilan Menu Setting di Windows 11

Pada menu setting yang baru, Windows 11 memiliki tampilan yang lebih ringkas dan elegan, menu-menu setting berjajar rapi sebelah kiri dan kanan. Sehingga memudahkan user atau pengguna, lebih cepat mengakses fitur atau menu yang ingin digunakan.

3. Fitur Snap Layouts di Windows 11

Fitur Snap Layouts yang hadir di Windows 11, sangat membantu pengguna dalam mengatur beberapa jendela ketika sedang multi-tasking, atau melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.

Sehingga Anda tidak perlu lagi, mengatur banyak jendela secara manual, karena sudah dibikin otomatis oleh team dari developer Microsoft.

4.Fitur Auto HDR Mode di Windows 11

Fitur Auto HDR Mode di Windows 11, sangat bagus untuk gamer yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan. Tampilan di dalam game akan lebih realistis dan enak dipandang mata.

5. Fitur DirectStorage di Windows 11

Fitur Direct Storage akan hadir di Windows 11, teknologi ini juga diadopsi dari console Xbox Series X. Fitur Direct Storage berguna untuk memaksimalkan kecepatan dari SSD NVMe, untuk mempercepat loading game, dan juga meningkatkan frame rate / FPS di dalam game.

Benefit dari teknologi ini pastinya sangat membantu sekali bagi gamer, yang memainkan game PC/Laptop.

6. Peningkatan Keamanan

Seperti yang kita tahu, pada spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11, mensyaratkan salah satu fitur yang harus ada di PC/Laptop kalian yaitu TPM 2.0.

Dengan ada syarat fitur tersebut, pastinya akan membuat PC/Laptop kita menjadi lebih aman lagi, dan mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan malware atau peretas.

Kekurangan Windows 11

1. Spesifikasi Minimum lebih tinggi

Ketika kita mencoba mengecek apakah PC/Laptop kita support Windows 11. Terdapat beberapa persyaratan sistem dan fitur yang harus dipenuhi, yang mungkin sebagian PC/Laptop yang sedang kalian gunakan, ada yang tidak lolos persyaratan minimum menjalankan Windows 11.

Kendati begitu, pihak dari Microsoft kemungkinan akan melonggarkan persyaratan minimum, agar semua orang yang menggunakan PC/Laptop Windows 10 dapat upgrade dengan lancar ke Windows 11.

Tag : #teknologi    #pc    #laptop    #windows11   

Baca Juga