Kelebihan Kurikulum Prototipe 2022

Wajib Tahu, Inilah Kelebihan Kurikulum Prototipe 2022

Sondang | Pendidikan | 27-12-2021

PARBOABOA, Siantar – Kurikulum prototipe menjadi salah satu kurikulum yang dapat dipilih oleh sekolah di tahun 2022. Tak hanya itu, kurikulum ini juga memiliki segudang kelebihan loh.

Sebelumnya, Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) memberikan 3 pilihan kurikulum yang bisa dipilih sekolah di tahun 2022, yakni Kurikulum 2013, Kurikulum darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan), dan Kurikulum Prototipe.

Nah, kurikulum yang sangat menarik perhatian masyarakat adalah Kurikulum Prototipe. Mengapa? Karena kurikulum ini nantinya akan lebih berfokus pada materi yang esensial dan tidak terlalu padat materi.

Kurikulum Prototipe sengaja dirancang untuk memberi ruang lebih banyak bagi pengembangan karakter dan kompetensi siswa, terutama pada jenjang SMA. Artinya, kurikulum ini akan memberi kesempatan bagi siswa untuk menekuni minatnya secara lebih fleksibel.

Selain itu, Kurikulum Prototipe akan menghilangkan jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Jadi, siswa dapat mengambil mata pelajaran yang sesuai dengan tujuannya.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek, Zulfikri Anas menerangkan bahwa Kurikulum Prototipe akan menjadi salah satu opsi atau pilihan yang dapat membantu pemulihan pembelajaran (learning loss) selama masa pandemi ini.

Kelebihan Kurikulum Prototipe 2022:

- Kurikulum Prototipe memiliki beberapa karakteristik utama yang dapat mendukung pemulihan pembelajaran, yaitu pengembangan soft skills dan karakter, fokus pada materi esensial, dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid atau teach at the right level.

- Kurikulum Prototipe ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang artinya melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yaitu orientasi holistik, berbasis kompetensi bukan konten serta dirancang sesuai kebutuhan sekolah dan peserta didik

- Kurikulum Prototipe mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa dan memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.

- Kurikulum Prototipe telah diimplementasikan di Sekolah Penggerak dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) sejak tahun 2020.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kurikulum Prototipe 2022.

Tag : #kurikulum prototipe    #nadiem makarim    #mendikbud ristek    #pendidikan   

Baca Juga