Ilustrasi Motor Listrik (Foto: motosaigon.vn)

Dilirik Usai BBM Naik, Berikut 5 Kelebihan Motor Listrik yang Harus Diketahui

Juni | Otomotif | 29-09-2022

PARBOABOA – Seiring perkembangan teknologi, muncul kendaraan-kendaraan canggih yang lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi berkepanjangan. Selain itu, kenaikan harga BBM juga membuka peluang pemasaran motor listrik.

Secara umum, motor listrik ini ditujukan sebagai alternatif kendaraan dimasa depan karena lebih ramah lingkungan. Kendaraan listrik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan motor konvensional berbahan bakar bensin.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini dijelaskan beberapa kelebihan penggunaan motor listrik yang perlu diketahui.

1. Menghemat Pengeluaran Bahan Bakar

Motor listrik berperan penting untuk mengurangi emisi karbon serta menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan. Sebab, kita tidak akan mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Bisa dibilang lebih irit karena biaya pengisian daya motor listrik umumnya lebih murah dibanding membeli bahan bakar. Selain itu, beberapa daerah kini juga telah membebaskan biaya pajak kendaraan listrik menjadi 0 persen.

2. Ramah Lingkungan

Berbeda dnegan sepeda motor biasa, motor listrik tidak menghasilkan emisi gas yang dapat mencemari kualitas udara di sekitarnya.

Hal ini dikarenakan kendaraan listrik ini menggunakan energi dan baterai, sehingga tak ada asap knalpot yang menambah kadar karbondioksida di udara.

3. Akselerasi Lebih Optimal

Motor listrik lebih memiliki akselerasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan motor konvensional. Motor listrik dapat memberikan torsi penuh secara langsung, sehingga bisa menyaingi motor berbahan bakar minyak. Meski memiliki tenaga yang kuat, namun motor listrik memiliki konsumsi energi yang rendah.

4. Perawatan Mudah

Sebagian orang mungkin mengira bahwa perawatan kendaraan listrik ini sulit dan membutuhkan biaya besar. Hal itu tidak sepenuhnya benar, karena faktanya perawatan motor listrik lebih mudah.

Terlebih, jumlah komponen motor listrik juga lebih sedikit dibandingkan dengan komponen motor konvensional.

5. Suara Mesin Motor Lebih Halus

Kelebihan motor listrik lainnya adalah suara mesinnya yang lebih halus. Dalam hal ini, suara mesin menjadi salah satu poin lebih dari kendaraan ramah lingkungan. Alasannya karena motor listrik ini tidak memiliki proses internal sehingga tidak menyebabkan kebisingan.

Pada beberapa kondisi, hal ini cukup berguna seperti saat melewati gang perumahan sempit. pengendara tidak perlu mematikan mesin motornya karena takut akan mengganggu kenyamanan orang disekitarnya.

Demikian ulasan tentang kelebihan motor listrik yang perlu diketahui. Bagaimana, tertarik untuk memiliki kendaraan ramah lingkungan ini?

Tag : #motor listrik    #teknologi    #otomotif    #kendaraan    #bbm    #komponen motor   

Baca Juga