Sejumlah kerabat dan keluarga saat melayat jenazah artis Rima Melati di Rumah Duka RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, (23/06/2022). (dok: Agus Apriyanto/kumparan.com)

Keluarga Ungkap Penyebab Aktris Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Wulan | Hiburan | 24-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Aktris senior Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Kamis (23/6/2022) sore. Aditya Tumbuan, Putra Rima Melati mengungkapkan penyebab meninggalnya sang ibunda yakni karena sakit.

Rima Melati diketahui memiliki penyakit ulkus dekubitus. Penyakit tersebut disebabkan oleh adanya cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya lantaran ada tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Biasanya penyakit ini terjadi karena tubuh berbaring dalam waktu yang lama.

Akibatnya, Rima Melati harus dilarikan ke rumah sakit karena adanya infeksi dari luka yang berada di bagian punggung. Infeksi tersebut, kata Aditya, membuat ibunya demam tinggi.

Setelah dibawa ke rumah sakit dan dirawat selama dua minggu, ternyata aktris keturunan Belanda dan Minahasa itu memiliki infeksi lain.

"Lalu, kita bawa ke RS langsung ke ICU. Di sana dirawat kira-kira dua minggu. Ternyata ada infeksi lain yang istilahnya merambat dari infeksi pertama, yaitu paru-parunya mulai kerendam air harus disedot, dari situ berturut-turut menjalar ke ginjal," jelas Aditya Tumbuan di rumah duka di kawasan Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (23/6/2022).

Kemudian, ia berspekulasi bahwa penyakit Rima Melati bisa menjalar ke ginjal karena dirawat lama di rumah sakit, dan banyak mengonsumsi obat. Sehingga, membuat Rima harus melakukan cuci darah.

"Selama di RSPAD ini sudah dilakukan (cuci darah) 7 kali. Hasilnya memang membuat ibu stabil, tapi kadang memang usia yang membuat ibu itu seperti berjuang," kata Aditya.

Namun tiba-tiba saat akan pindah ruangan, kondisinya tiba-tiba drop dan perawat yang datang menyatakan bahwa Rima Melati mengalami gagal jantung.

"Jadi, ketika saya mau pindah, sepertinya ibu drop. Dokter langsung lari, perawat lari, bilang ke saya, 'Ibu gagal jantung'," ujar Aditya.

"Akhirnya dilakukan pertolongan pertama. Di situ saya merasa bahwa memang sebaiknya ibu sudah saatnya untuk pergi," imbuhnya.

Rima Melati merupakan perempuan kelahiran Tondano, Sulawesi Utara, 12 Agustus 1939. Pemilik nama asli Marjolien Tambajong ini merupakan putri dari Non Kawilarang, seorang perancang dan perintis dunia mode Indonesia.

Rima merupakan artis lawas Tanah Air, yang masih eksis hingga saat ini. Adapun sejumlah film yang dibintanginya yaitu Intan Berduri, Kupu-Kupu Putih, Cinta Silver, dan Ayah, Mengapa Aku Berbeda?

Atas aktingnya di film Intan Berduri, Rima berhasil meraih penghargaan Piala Citra pertamanya pada 1973, sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Rima Melati menikah dengan Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973. Dari pernikahan ini, Frans dan Rima memiliki tujuh orang anak. Namun Frans sudah lebih dulu berpulang pada tahun 2015 lalu.

Tag : #rima melati    #meninggal dunia    #hiburan    #aktris senior    #rspad gatot soebroto    #aditya tumbuan   

Baca Juga