Ilustrasi Wisuda

Kembali Dibuka: Beasiswa Semesta, Tawarkan Kuliah Gratis Jurusan IT dan Gaji Perbulan

Dimas | Pendidikan | 14-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Biaya kuliah kerap menjadi hambatan bagi beberapa siswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perkuliahan. Memang, untuk seluruh biaya kuliah reguler di hampir seluruh perguruan tinggi saja calon mahasiswa harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Dimulai dari biaya pendaftaran, uang kuliah tiap semester, serta biaya hidup yang harus di keluarkan dinilai sangat memberatkan bagi siswa yang mungkin termasuk dalam kategori tidak mampu.

Hal tersebut sering mematahkan harapan beberapa siswa untuk melanjutkan studinya kejenjang perkuliahan. Bahkan, cukup banyak siswa berprestasi yang tidak melanjutkan studinya karena faktor biaya yang besar.

Namun, hal tersebut mulai mendapat sorotan dari berbagai pihak. Saat ini beberapa lembaga negara dan juga beberapa perusahaan di Indonesia, banyak melakukan kerja sama untuk dapat menyediakan beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perkuliahan.

Salah satunya adalah Beasiswa Semesta, yang kembali dibuka pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2022/2023.

Beasiswa Semesta diluncurkan oleh Komunitas Sevima (PT. Sentra Vidya Utama) untuk yang keempat kalinya.

Peluncuran Beasiswa Semesta dilakukan secara virtual beberapa waktu yang lalu dan dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, 4 Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Puluhan Gubernur, Walikota, Bupati, dan Lembaga dari seluruh Indonesia termasuk CEO Sevima Sugianto Halim.

Dalam Pembukaan tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo berpendapat,  Beasiswa Semesta Merupakan kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para calon mahasiswa.

Pasalnya, di 2022 ini Beasiwa Semesta memberikan kuliah gratis di Jurusan Teknik Informatika serta gaji perbulan untuk 50 putra-putri bangsa.

“Beasiswa Semesta ini, memberikan kesempatan kuliah S1 gratis kepada masyarakat yang kurang mampu yang ingin kuliah di Teknik Informatika atau IT di kampus-kampus favorit di Indonesia,” ujar bambang dalam keterangan tertulis.

Sugianto Halim selaku CEO Sevima mengungkapkan bahwa Beasiswa Semesta didanai Penuh oleh Sevima untuk memfasilitasi kuliah sarjana di jurusan IT secara gratis.

Selama masa studi, para peraih beasiswa akan mendapatkan pelatihan dan kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan gaji bulanan bagi yang memenuhi syarat.

Adapun kriteria penerima beasiswa ini adalah siswa kelas tiga maupun alumni SMA/SMK/MA sederajat. Tersedia 50 beasiswa untuk diperebutkan dengan total nominal beasiswa mencapai Rp 1 miliar.

Bagi calon mahasiswa yang berminat, cukup mengisi formulir dan berkas administrasi di laman maukuliah.id/beasiswa-semesta. Peserta nantinya akan diseleksi melalui Tes Berbasis Komputer (CBT) dan Tes Pemrograman (Hackaton).  

Nantinya setelah berhasil mendapatkan beasiswa, para penerima dapat berkuliah di kampus- kampus favorit di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan Sevima.

Adapun Universitas tersebut, yakni:

- Universitas Siber Asia

- Universitas Insan Cita Indonesia

- Universitas Muhammadiyah Siber serta banyak lainnya.

Sugianto juga mengatakan, pendaftaran Beasiswa Semesta bisa dilakukan secara online dan dibuka hingga 30 April 2022.

Tag : #beasiswa    #sevima    #pendidikan    #kuliah    #beasiswa semesta    #mpr    #dpd    #biaya kuliah    #kampus    #universitas   

Baca Juga