Gedung Kementerian Agama RI (Dok: langgam.id)

Kementerian Agama Sediakan 4 Jenis Beasiswa untuk Tahun 2022

Dimas | Pendidikan | 08-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama (Kemenag), membuka pendaftaran 4 jenis beasiswa untuk tahun anggaran 2022. Pendaftaran beasiswa mulai dibuka dari tanggal 6 hingga 30 Juni 2022.

Menurut Diretktur PTKI Prof. Suyitno, penyediaan beasiswa kali ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan akses kepada anak bangsa yang memiliki prestasi akademik ataupun non akademik. Namun ia mengatakan, kategori calon penerima beasiswa akan berasal dari keluarga yang kurang mampu.

"Ini kita buka selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang kuliah di kampus UIN, IAIN dan STAIN," kata Suyitno dalam keterangannya, Selasa (7/6).

Selain itu, Kasubdit sarpras dan Kemahasiswaan Dr. Syafi’i menambahkan, tahun ini Kemenag akan mengeluarkan dana kurang lebih Rp161 miliar untuk sejumlah bantuan beasiswa baik yang sedang berjalan maupun rekrutmen baru.

"Melalui beasiswa ini, diharapkan mahasiswa PTKI dapat menangkap dan memanfaatkan peluang berharga ini," ucap Syafi’i.

Beasiswa Kemenag Tahun 2022

Untuk tahun ini Kemenag diketahui menyediakan 4 jenis beasiswa, diantaranya:

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
  2. Beasiswa Tahfidz Qurán
  3. Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA)
  4. Beasiswa Adiktis dan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan

Kuota Beasiswa

Kepala Seksi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba menyebutkan bahwa khusus untuk Beasiswa KIP Kuliah, Kemenag menyediakan kuota sebanyak 17.615 dengan rincian, yakni untuk PTKIN 13.070 dan untuk PTKIS sebanyak 4.545 kuota.

Sementara itu, kuota Beasiswa Tahfidz Qur’an kurang lebih 1.000 penerima dan BPPA sebanyak 3.000 kuota.

Demikianlah seputar informasi mengenai beasiswa yang disediakan oleh Kemenag untuk tahun 2022. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi laman resmi pendis.kemenag.go.id.

Tag : #kemenag    #beasiswa kemenag 2022     #pendidikan    #ptki    #kip kuliah   

Baca Juga