Motor Listrik.

Kementerian ESDM Akan Konversi Sepedamotor Konvensional Menjadi Motor Listrik

Maraden | Otomotif | 11-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Langkah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan melakukan konversi motor listrik disambut baik oleh Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik).

Kementerian (ESDM) telah meluncurkan Pilot Project Konversi Sepedamotor Mesin Penggerak Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Motor Listrik.

Menurut Menteri ESDM Arifin Tasrif,  proyek tersebut adalah program kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Program tersebut akan dilakukan dengan keterlibatan Kemenhub yang akan menerbitkan Sertifikat Bengkel Konversi Sistem Penggerak Motor Listrik Pada Kendaraan Bermotor kepada Badan Litbang Kementerian ESDM dan juga Sertifikat Uji Tipe motor listrik.

"Dengan kerjasama kedua kementrian ini, sehingga kami memiliki kesempatan untuk melaksanakan konversi sepeda motor konvensional menjadi kendaraan bermotor listrik," ujar Arifin, dalam keterangan resminya.

Arifin menambahkan, dirinya berharap program konversi ini dapat menjadi pionir dan penggerak bagi penciptaan lapangan kerja serta UMKM baru, serta ketrampilan baru bagi generasi muda bangsa, para siswa SMK/vokasi, teknisi bengkel dan lainnya.

Pilot project konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor listrik sesuai ketentuan yang ada di Permen Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020.

Program konversi itu akan dilaksanakan secara bertahap pada pertengahan Agustus 2021 sampai dengan akhir November 2021.

Pilot project ini menargetkan 100 unit sepeda motor yang tersebar di seluruh satuan kerja Kementerian ESDM wilayah Jabodetabek.

Nantinya project tersebut akan mengkonversi Vespa 2-tak dari Retrospective Scooters menjadi motor listrik.

Paket konversi motor listrik untuk Vespa 2-tak dari Retrospective Scooters.

Tag : #otomotif   

Baca Juga