Ilustrasi Kondisi Ruang Bakar dan Klep (Foto: gridoto.com)

Kenali 5 Ciri Klep Mobil Bocor yang Perlu Diketahui

Juni | Otomotif | 08-10-2022

PARBOABOA – Banyak orang memilih menggunakan mobil sebagai sarana transportasi sehari-hari. Apalagi, berbagai macam teknologi canggih telah disematkan, khususnya mobil keluaran terbaru.

Untuk menjaga performa mobil tetap dalam kondisi prima, Anda tentu harus selalu melakukan perawatan, salah satunya dengan mengganti oli secara rutin.

Sebab jarang mengganti oli akan menimbulkan cukup banyak masalah. Salah satu kerusakan yang mungkin terjadi adalah klep mobil bocor. Jika sudah terjadi, performa mobil secara otomatis akan menurun.

Lalu, sebenarnya bagaimana ciri-ciri klep mobil bocor? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Tenaga Mobil Berkurang

Kondisi klep mobil bocor akan menyebabkan tenaga mesin menurun. Saat mobil tiba-tiba kehilangan tenaganya padahal kompresi dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada klep mesin.

Umumnya, hal ini terjadi lantaran oli masuk ke ruang bakar dan menyebabkan pembakaran menjadi terganggu, sehingga tenaga mobil menjadi berkurang.

2. Suara Mesin Kasar

Ciri klep bocor juga bisa diketahui dari suara mesin. Jika mobil mengeluarkan suara yang kasar, kemungkinan hal itu terjadi karena adanya kebocoran di bagian klep mobil. sebab, oli yang berfungsi sebagai pelumas sedikit demi sedikit akan habis ikut terbakar.

3. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Asap putih muncul karena oli masuk ke ruang pembakaran melalui celah batang klep dan bosh klep yang bocor. Bukan hanya itu, oli juga bisa menjalar hingga ke ujung elektroda busi. Dalam hal ini, mesin akan dipenuhi kerak karbon dari oli tersebut.

4. Bahan Bakar Lebih Boros

Ciri-ciri klep bocor selanjutnya adalah bahan bakar yang digunakan terasa lebih boros atau cepat habis. Hal itu terjadi karena pedal gas akan terus kita tekan lantaran tenaga yang diperoleh tidak maksimal.

5. Idle Mesin Butuh Waktu Lebih Lama

Pertanda selanjutnya adalah kondisi idle mesin yang lama. Hal ini biasanya terjadi saat mobil tiba-tiba melakukan manuver pengereman. Ketika mobil sedang melaju dan kemudian melakukan pengereman, mesin sementara tetap berada di putaran tinggi, karena idle membutuhkan waktu yang lebih lama.

Itulah tadi lima ciri-ciri klep mobil bocor yang perlu diketahui. Jika menemui salah satu permasalahan di atas, segera lakukan pengecekan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran kompresi di bagaian klep mobil.

Tag : #mobil    #klep mobil    #otomotif    #komponen mobil    #perawatan mobil   

Baca Juga