Varian Omicron (Foto: Istimewa)

Kenali Ciri-ciri Gejala Omicron serta Pencegahannya

Martha | Kesehatan | 31-01-2022

PARBOABOA - Belum selesai dengan Covid 19, sekarang datang varian baru yaitu Omicron dan peyebarannya di Tanah Air sangat cepat menular. Jadi kita perlu hati-hati untuk varian terbaru ini.

Teman-teman juga perlu tahu apa saja cici-ciri gejala varian omicron supaya kita bisa mengurangi pencegahan penularannya.

Bila kita tidak melakukan pencegahan makan peningkatan jumlah kasus harian Covid 19 di Tanah Air makin meningkat. Total pasien yang sudah terkonfirmasi omicron sampai tanggal (26/1) berjumlah 1.988.

Dari jumlah tersebut ada juga yang sudah sembuh atau selesai dirawat berjumlah 765 orang.

Yuk kenali apa saja ciri-ciri gejala omicron agar kita bisa melakukan pencegahan. Simak artikel berikut ini ya!

1. Kelelahan

Ciri-ciri omicron pertama adalah kelelahan, ciri ini sangat terlihat jelas oleh penderita varian omicron. Gejalanya antara lain, mengalami penurunan energi yang drastis, merasa lelah terus menerus, keinginan terus beristirahat.

2. Sakit kepala

Ciri yang kedua merupakan sakit kepala, ternyata sakit kepala merupakan gejala awal dan lebih umum. Sakit kepala yang disebabkan Omicron cenderung dalam bentuk nyeri sedang hingga berat.

Sakit kepala yang disebabkan Omicron akan berlangsung selama tiga hari lamanyan dan sulit untuk dihilangkan dengan obat pereda sakit.

3. Bersin

Gejala selanjutnya adalah bersin, gejala ini biasanya timbul pada orang yang sudah vaksin. Namun perlu dingin bersin bisa saja merupakan masalah kesehatan lain, seperti pilek atau alergi.

4. Batuk

Bila kalian terus menerus batuk itu merupakan salah satu gelajala utama Omicron. Jenis batuknya bisa batuk ringan dan juga berdahak. Gejala batuk akan terasa setelah selesai sakit dan akan berlangsung selama empat hingga lima hari.

5. Pilek

Gejala selanjutnya adalah pilek, ini merupakan gejala yang sering ditemukan setelah sakit kepala. Namun untuk Indonesia gejala ini sangat sulit untuk menjadi ciri Omicron, kerena Indonesia sering terjadi hujan.

6. Keringat di malam hari

Gejala yang terakhir ialah sering keringatan saat tidur di malam hari. Bila kalian keringatan di malam hari dengan jumlah yang besar hingga menyebabkan pakaian serta tempat tidur kalian basah meski di dalam ruangan yang sejuk. Untuk memastikannya, sebaiknya kalian segera melakukan tes Covid 19.

Pencegahan Omicron

- Sama seperti Covid 19, kita harus menggunakan masker saat berpergian

- Manjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain

- Seringlah mencuci tangan sesudah berpergian

- Menbuka jendela untuk meningkatkan ventilasi

- Hindari kerumuna

- Melakukan vaksin

Semoga artikel yan kami berikan bermanfaat bagi kita semua dan menjadi tambahan ilmu buat kalian. Semoga kalian bisa menerapkan berita yang kami berikan supaya Covid 19 dan Omicron cepat selesai.

Tag : #omicron    #gejala omicron    #pencegahan varian omicron   

Baca Juga