Benua Eropa (Portal-Ilmu.com)

Mengenal Letak Astronomis Benua Eropa Lengkap dengan Batas Wilayahnya

Sarah | Pendidikan | 03-08-2022

PARBOABOA - Seperti yang kita tahu bumi terbagi menjadi 7 benua, diantaranya adalah Benua Eropa, Austalia, Amerika Utara, Asia, Afrika, Amerika Selatan dan Benua Antartika.

Dari ketujuh benua di atas, benua Eropa merupakan benua yang terkecil di dunia setelah benua Australia. Disamping itu, benua Eropa menjadi benua terpadat kedua di dunia setelah Benua Asia.

Benua Eropa berbatasan langsung dengan benua Asia, yang menyatu hingga sering disebut dengan Eurasia. Selain itu, Eropa juga berdekatan dengan benua Afrika dan hanya dipisahkan oleh Laut Tengah.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang letak astronomis benua Eropa lengkap dengan pengaruh dan batas wilayahnya. Yuk, simak ulasan berikut!

Letak Astronomis Benua Eropa

Letak astronomis benua Eropa berada pada lokasi 35°LU–71°LU serta 10°BB–66°BT. Penentuan dari letak astronomis Eropa ini didasarkan pada letak wilayah dari garis bujur serta garis lintang.

Artinya, wilayah benua Eropa terbentang mulai dari titik 35 derajat lintang utara sampai dengan titik 71 derajat lintang utara, serta dari titik 9 derajat bujur barat sampai ke 66 derajat bujur timur.

Keseluruhan wilayah benua Eropa berada pada wilayah bumi bagian utara, akan tetapi jika secara horizontal maka benua Eropa berada pada wilayah bumi bagian barat serta bagian timur, sehingga wilayahnya membentang dari bujur barat (BB) hingga bujur timur (BT).

Pengaruh Letak Astronomis Benua Eropa

Terdapat beberapa pengaruh terkait letak benua Eropa secara astronomis jika dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur.

Berikut merupakan dampak serta pengaruh letak astronomis benua Eropa beserta dengan penjelasannya.

Iklim Benua Eropa

Iklim di benua Eropa cukup bervariasi di setiap kawasannya. Berikut iklim yang terdapat di benua Eropa.

- Iklim laut, meliputi daerah Eropa bagian barat laut.

- Iklim sedang, meliputi daerah Eropa Tengah.

- Iklim kutub (dingin), meliputi daerah Eropa Utara.

- Iklim daratan (continental), meliputi daerah Eropa Timur.

- Iklim mediterania, meliputi daerah Eropa Selatan.

Musim Benua Eropa

Salah satu dampak dari letak astronomis benua Eropa adalah jumlah musim yang terdapat di negara-negara Eropa.

Benua Eropa memiliki empat musim, antara lain musim panas, musim gugur, musim semi dan musim dingin.

Ekonomi Benua Eropa

Perekonomian di benua Eropa dikenal cukup maju dan juga berkembang. Struktur alam yang sangat beragam membuat sektor pertanian serta perdagangan di benua ini berkembang sangat pesat.

Selain itu, Eropa juga termasuk jalur perdagangan karena terletak di antara benua Asia, Amerika, dan Afrika.

Zona Waktu

Zona waktu di benua Eropa terbagi menjadi beberapa zona, yaitu WET (zona waktu Eropa bagian barat), CET (zona waktu Eropa bagian tengah), EET (zona waktu Eropa bagian Timur), dan FET (zona waktu Eropa ujung timur).

- WET (Western European Time), dengan perbedaan UTC+0, diterapkan oleh negara Inggris,  Islandia, Portugal, dan Irlandia.

- CET (Central European Time), dengan perbedaan UTC+1, diterapkan oleh negara Prancis, Belanda, Austria, Jerman, Italia, Spanyol, Belgia, Kroasia, Hungaria, Bosnia, Swedia, Polandia, Albania, Serbia, Monako, Denmark, Luksemburg, Slovakia, Malta, Norwegia, Andorra, Montenegro, Republik Ceko, Slovenia, Liechtenstein, San Marino.

- EET (Eastern European Time), dengan perbedaan UTC+2, diterapkan oleh negara Rusia (kota Kaliningrad), Yunani, Estonia, Bulgaria, Finlandia, Latvia, Rumania, Ukraina, Moldova, Lithuania.

- FET (Further-eastern European Time), dengan perbedaan UTC+3, diterapkan oleh negara Rusia bagian barat, Turki dan Belarusia.

Batas Wilayah Benua Eropa Secara Astronomis

Secara astronomis, benua Eropa juga memiliki batas-batas wilayah dengan sekitarnya.

Berikut batas-batas wilayah benua Eropa pada bagian sebelah utara, timur, selatan, serta barat.

Bagian Sebelah Utara

Letak astronomis Eropa Utara berbatasan dengan perairan Samudera Arktik. Selain itu, Eropa juga berbatasan dengan wilayah Kutub Utara di sebelah utara.

Bagian Sebelah Timur

Letak astronomis Eropa Timur berbatasan dengan Pegunungan Ural. Selain itu, Eropa juga berbatasan dengan Benua Asia pada wilayah sebelah timur, dimana sebagian daratan Eropa menyatu dengan daratan benua Asia.

Bagian Sebelah Selatan

Letak astronomis Eropa Selatan berbatasan dengan perairan Laut Mediterania serta Laut Hitam. Selain itu, Eropa juga berbatasan dengan wilayah benua Afrika di sebelah selatan.

Bagian Sebelah Barat

Letak astronomis Eropa Barat berbatasan dengan perairan Samudera Atlantik.

Bentang alam Benua Eropa

Bentang alam Eropa terbagi menjadi lima kawasan, yaitu sebagai berikut:

- Dataran raya Eropa

- Perisai Baltik

- Dataran tinggi tengah

- Pegunungan lipatan muda Alpen

- Dataran Rusia

Itulah seputar penjelasan tentang letak astronomis benua Eropa lengkap dengan pengaruh dan batas wilayahnya.

Tag : #letak astronomis    #benua eropa    #pendidikan    #zona waktu   

Baca Juga