Gambar Perbedaan (Dok:Hipwee)

Kenapa Kita Harus Menghargai Perbedaan? Berikut Alasannya

Mei | Nasional | 14-04-2022

Perbedaan merupakan salah satu hal yang wajar dalam kehidupan kita, mengingat manusia merupakan makhluk yang memiliki pola pikir yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi fisik, hobi, suku, ras, budaya, agama, bahasa, adat istiadat, karakteristik seseorang, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri suatu perbedaan sudah menjadi aspek yang hidup berdampingan dengan kehidupan masyarakat, mengingat Negara kita terdiri dari beragam  suku dan bangsa yang membawa ciri serta karakternya masing-masing.

Namun, dengan adanya perbedaan dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih indah serta berwarna. 
Dengan adanya perbedaan, kita juga diajarkan akan penting nya sikap toleransi serta saling menghargai satu sama lain untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Lantas, mengapa kita harus menghargai perbedaan? Berikut alasannya.

Alasan Kita Perlu Menghargai Perbedaan

Ada beberapa alasan utama mengapa kita perlu menghargai perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menciptakan Kedamaian di dalam Kehidupan

Alasan kita perlu menghargai perbedaan yang pertama dalah untuk menciptakan suatu kedamaian dalam hidup, khususnya dalam kehidupan bermasyarakat.
Bayangkan saja, jika setiap harinya kamu akan medengar orang-orang yang ribut hanya karna adanya perbedaan selera pada pakaian, tentu akan membuat mu merasa stres dan tidak nyaman, bukan?

2. Meminimalisir Perselisihan hingga Permusuhan yang Memicu Konflik Sosial

Agar dapat meminimalisir perselisihan hingga permusuhan mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kita perlu menghargai perbedaan.

Tidak hanya itu, dengan menghargai perbedaan, kalian dapat memperkecil kemungkinan terjadinya konflik sosial.

Hubungan kamu dengan keluarga, teman, atau bahkan pacar kamu sendiri juga akan terjalin dengan baik jika kalian sama-sama menghargai yang namanya perbedaan.

3. Menciptakan Lingkungan yang Rukun, Nyaman, Aman dan Tentram

Nah, alasan lainnya kenapa kita harus menghargai perbedaan yang adalah untuk menciptakan suasana yang rukun, aman, dan tentram.

Jika kalian menginginkan kehidupan yang rukun, seperti menjalin hubungan yang rukun dengan tetangga misalnya, maka kamu perlu menerapkan prinsip toleransi dalam hidup kamu.
Kamu harus mengerti bahwa tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dengan mu, maka kamu juga harus menerima perbedaan tersebut.

Kamu tidak boleh menjadi pribadi yang egois, yaitu dengan menjadi seseorang yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Itu merupakan hal yang buruk ya teman-teman.

4. Menciptakan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Alasan berikut nya mengapa kita harus menghargai perbedaan yaitu untuk menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Bangsa kita, bangsa Indonesia terdiri dari banyak pulau dan suku, dimana masing-masing suku memiliki ciri serta karakter yang berbeda-beda.

Bayangkan saja, apa jadi nya jika tidak ada kata toleransi dalam kehidupan bermasyarakat? Tentu dapat memecah belah Negara kita bukan?

Hal ini telah tercantum pada pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia. Adanya perbedaan pada suku, agama, bahasa, adat istiadat, dan lain sebagainya tentu sudah dapat dijadikan sebagai pemahaman untuk bisa saling menghargai di dalam kehidupan ini.

5. Memperkuat Solidaritas Antar Umat Manusia atau Golongan

Di Indonesia terdapat beberapa agama yang dianut oleh sebagian besar umat nya, mulai dari agama Islam, Buddha, Hindu, Kristen Protestan, Katolik, dan Khonghucu.

Maka dari itu, sikap toleransi antar umat sangat diperlukan disini agar kita dapat menciptakan kehidupan yang solid serta kerukunan dalam kehidupan beragama.

6. Menghargai dalam Mempelajari Kebudayaan serta Karakteristik Daerah Lain

Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan di setiap daerahnya dengan ciri khasnya masing-masing. Dengan kebudayaan yang sangat beragam itulah maka kamu harus menanamkan prinsip toleransi serta saling menghargai dan mempelajari perbedaan serta karakteristik dari kebudayaan itu untuk dapat bertoleransi dan menerima bahwa tidak selamanya perbedaan itu adalah suatu hal yang buruk.

7. Memperkuat Ketahanan Nasional

Alasan lainnya mengapa kita harus menghargai perbedaan adalah untuk meperkuat ketahanan nasional Negara kita, Negara Indonesia.

Dengan ada nya rasa saling menghargai satu sama lain ternyata  dapat meminimalisir adanya perang dan hambatan serta ancaman di luar sana yang dapat memperburuk perorangan hingga suatu kelompok di negara tersebut.

Nah, itulah alasan kenapa kita harus menghargai perbedaan, sangat peting bukan? Oleh karena itu, kita sebagai sesama umat manusia, sesama warga Negara Indonesia harus memegang teguh prinsip menghargai satu sama lain, supaya tercipta yang namanya kehidupan yang damai serta tentram dalam kehidupan bermasyarakat.

Tag : #toleransi    #suku bangsa    #nasional    #Solidaritas   

Baca Juga