Ilustrasi kenapa produk Apple mahal

Kenapa Produk Apple Harganya Sangat Mahal? Ini Alasannya

Wanovy | Teknologi | 17-02-2022

PARBOABOA - Anda mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa sih banyak orang yang tergila-gila dengan produk keluaran Apple? Memangnya, apa keunggulan produk Apple dan apa alasan mengapa produk Apple mahal?

Produk Apple, khusunya iPhone sejak dulu kala memang terkenal lebih mahal dibanding smartphone merek lain. Kendati begitu, iPhone masih tetap diburu dan digunakan oleh banyak orang.  Lalu, apa yang membuat produk Apple mahal?

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, produk-produk perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tetap digemari banyak orang.

Mulai dari produk Apple Watch, iPad, iPhone, sampai MacBook, kisaran harganya bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta. Bahkan walaupun masih dibuka pre-order, orang-orang sudah berbondong-bondong memesannya terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Persepsi soal produk Apple mahal tampaknya begitu melekat kuat. Bahkan tak menutup kemungkinan, produk Apple diasosiasikan juga dengan status sosial seseorang dalam keleompok masyarakat.

Bahkan seseorang yang memiliki produk Apple, seperti iPhone atau iPad, bisa dianggap sebagai orang kaya atau yang punya pendapatan lebih besar dari kebanyakan orang lainnya.

Lantas, apa yang membuat produk Apple mahal? Berikut ini Parboboa rangkum beberapa apalasan kenapa produk Apple mahal yang dikutip dari beberapa sumber. Simak sampai habis ya!

1. Desain Mewah

Anda bisa bilang kalau desain yang bagus itu relatif atau sesuai selera. Namun, desain produk keluaran Apple seperti iPhone, iPad, MacBook, ataupun Apple Watch memang tidak diragukan lagi. Mewah, kece, elegan, dan keren. Setuju nggak?

2. Biaya Riset dan Pengembangan yang Tidak Murah

Di balik produk Apple yang mahal, terdapat juga biaya riset dan pengembangan yang tidak murah. Inilah salah satu alasan kenapa produk Apple mahal.

Pada tahun keuangan 2020, Apple pernah menghabiskan dana kurang lebih sebesar 18 miliar dolar AS (sekitar Rp256 triliun) hanya untuk biaya riset dan pengembangan, dikutip dari The Cold Wire, Rabu (16/02/2022).

Dana tersebut sepenuhnya digunakan untuk membiayai kegiatan riset dan pengembangan di berbagai laboratorium penelitan kecil Apple, yang tersebar di seluruh dunia. Biaya tersebut yang jadi tanggungan konsumen saat membeli produk Apple.

3. Software dan Hardware Mantap

Semua produk Apple menggunakan perangkat lunak atau software yang ekslusif dikembangkan oleh perusahaan sendiri.

Pengguna tidak bakal menemukan software Apple di produk lain dengan merek yang berbeda. Misalnya, perangkat lunak sistem operasi (OS) khas Apple, yakni iOS, hanya terdapat pada produk ponsel iPhone.

Berbeda dengan Android OS buatan Google yang bisa dipakai di banyak merek ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan sebagainya.

Sebagian besar dari kita menggunakan Android. Awalnya, membeli ponsel Android baru dari merek apa pun akan terlihat sangat bagus. Kecepatan ponsel, kamera, kinerja keseluruhan bagus di semua aspeknya. Namun saat Anda terus memakainya, maka kinerja ponsel Android akan terus menurun.

Sebagian besar ponsel Android menjadi lambat dalam 6-7 bulan dan kinerja tidak bisa seperti sebelumnya.

Saat dilakukan reset, maka HP android itu menjadi seperti baru lagi dan mulai bekerja dengan baik lagi. Tapi berapa hari kinerjanya bisa bertahan setelah dilakukan reset seperti ini?

4. Jaminan Dukungan Pembaruan Software

Aalasan kenapa produk Apple mahal karena salah satunya adalah perusahaan memberikan jaminan dukungan pembaruan software ke tiap perangkat dalam waktu yang cukup lama.

Apple bisa melakukan ini karena software tersebut ekslusif hanya untuk perangkatnya sendiri. Jadi, pengembangan pembaruan software bisa lebih optimal karena tidak perlu repot memikirkan kompatibilitasnya di banyak perangkat.

Sebagai contoh, iPhone 6s keluaran tahun 2015 masih bisa mendapat dukungan pembaruan software versi terbaru iOS 15.

5. Keamanan Tinggi

Alasan yang krusial kenapa produk Apple mahal yaitu keamanannya yang lebih terjamin. Pengguna produk Apple pasti akan merasakan keamanan perangkatnya lebih terjamin karena sistem operasi yang digunakan dan aplikasinya tidak ada yang open source.

Perlu diketahui, OS atau aplikasi yang bersifat open source membuat perangkat akan semakin gampang dibobol karena sistem keamanannya hanya terbatas. Jadi, kalau Anda tidak akan bisa memakai aplikasi bajakan karena produk Apple akan menolaknya. Selain itu, tersedianya iCloud juga membuat data-data akan sulit dibobol, sehingga tidak gampang dibajak.

6. Kamera Terbaik

Bukan rahasia lagi, setiap generasi iPhone selalu dibekali dengan kamera terbaik di kelas smartphone pada masanya. Bahkan di iPhone 7 Plus, Apple telah menyematkan teknologi dual camera untuk menghasilkan foto yang luar biasa menakjubkan.

7. Komponen Premium

Alasan kenapa produk Apple selalu mahal berikutnya adalah dikarenakan perusahaan selalu menggunakan komponen perangkat keras yang paling andal dan premium di pasar.

Jarang ada keluhan terkait gangguan yang mengharuskan pengguna melakukan perbaikan pada produk Apple. Dengan komponen yang andal, produk Apple bisa bertahan lebih lama dari yang lainnya.

Fungsi komponen juga masih bisa berjalan dengan baik meski perangkat telah dipakai dalam waktu yang cukup lama. Misalnya, pada Mac yang masih bisa dipakai selama lebih dari 10 tahun.

Selain itu, alasan mengapa produk Apple mahal juga disebabkan karena adanya aksesoris tambahan yang dijual terpisah.

Meski aksesoris tambahan itu bersifat opsional, Apple tampak membuatnya seolah itu penting agar perangkat bisa berfungsi optimal. Aksesoris tambahan itu seperti kepala charger iPhone, yang kini mulai dijual terpisah.

Tag : #apple    #iphone    #macbook   

Baca Juga