Dinding GOR Pematangsiantar Penuh Coretan Pilox (dok Parboaboa)

Kerjasama Mandek, GOR Pematangsiantar Terbengkalai

Rini | Daerah | 07-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pembangunan Gedung Olahraga atau GOR Pematangsiantar tak kunjung dijalankan.

Padahal sejak tahun 2019 lalu, pihak Pemko Pematangsiantar telah telah menyerahkan GOR kepada pihak ketiga, yaitu PT Suriatama Mahkota Kencana untuk dibangun menjadi pusat olahraga dan perbelanjaan modern, dengan Pola Bangun Guna Serah (BGS).

BGS sendiri diartikan sebagai pemanfaatan barang milik daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati, untuk selanjutnya diserahkan kembali tanah beserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya setelah berakhirnya jangka waktu.

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) telah dilakukan pada Rabu (20/3/2019), saat itu ditargetkan pembangunan gedung akan selesai dalam dua tahun.

Akan tetapi berselang tiga tahun, belum ada kejelasan kapan pembangunan akan dimulai.

Menurut hasil pengamatan tim Parboaboa, GOR yang merupakan salah satu gedung tua di Pematangsiantar itu terbengkalai dan terlihat kerusakan di segala sisinya, lantai hampir keseluruhan pecah, atapnya pun banyak yang lepas, serta dinding bangunan dipenuhi coretan pilox.

Aktivitas yang dulu biasanya diadakan di gedung ini, seperti turnamen bulu tangkis, futsal, tenis meja, dan kegiatan olahraga lainnya sudah tidak terlihat lagi. Bahkan gedung ini dulunya sering dimanfaatkan untuk kegiatan di luar olahraga seperti menggelar konser, pasar malam, hingga bazar.

Tim Parboaboa telah mencoba untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai penyebab terkendalanya pembangunan GOR ini, sayangnya setelah mendatangi Dinas Pariwisata dan Olahraga, serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pematangsiantar, Kepala Dinas yang bersangkutan sedang tidak berada di kantornya.

Tag : #gedung olahraga    #pematangsiantar    #daerah    #gor    #pemerintah kota    #berita sumut    #bpkad pematangsiantar   

Baca Juga