Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Keseringan Makan Makanan Mentah, Wanita di Thailand Alami Kebutaan

Martha | Internasional | 03-02-2022

PARBOABOA, Thailand – Seorang wanita di Thailand mengalami kebutaan permanen pada salah satu matanya karena keseringan mekanan makan mentah.

Wanita usia 40 tahun ini berasal dari provinsi Phitsanulok, ia menderita Angiostrongyliasis atau penyakit cacing paru-paru tikus. Seperti namanya, cacing ini ditemukan pada paru-paru tikus. Larva ini ditularkan melalui kotoran tikus tersebut.

Setelah cacing tersebut dewasa, mereka akan menuju ke kerang air tawar dan udang. Bila kalian memakan udang atau kerang yang terjangkit larva ini, makan cacing tersebut akan cepat berpindah dan menginfeksi organ tubuh.

Penyakit ini sangat langka di dunia. Menurut Naresuan University Hospital (NUH), hanya 50 orang di seluruh dunia yang terserang penyakit satu ini.

Dikutip dari Bangkok post, dokter Sirinan Triyavechakul yang merawat wanita tersebut menjelaskan, bahwa pasiennya mengeluh dengan penglihatannya yang kabur selama satu minggu sebelum mendapatkan pengobatan.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan bahwa wanita itu terjangkit penyakit yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Diketahui juga, wanita tersebut sempat menjalani operasi. Namun sayang, operasi yang dilakukan gagal, karena larva tersebut sudang menyebar keseluruh matanya dan mengakibatkan kerusakan yang parah.

Penyakit satu ini hanya dapat dicegah bila kalian tidak mengonsumsi makanan mentah terlalu sering.

Tag : #gaya hidup sehat    #penyakit langka    #angiostrongyliasis    #kebiasaan makan mentah    #internasional   

Baca Juga