Bau Mulut (Dok: Alodokter)

Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Mei | Kesehatan | 25-04-2022

PARBOABOA - Bau mulut merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu, bukan? Penyakit yang satu ini dapat membuat kita merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain karena mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat kita berbicara.

Bau mulut atau dalam dunia medis sering disebut dengan halitos adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami bau pada mulutnya.

Pada umumnya bau mulut terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan pada gigi. Nah, jika mulut dalam keadaan yang tidak bersih, maka bakteri akan tumbuh di dalam mulut, hal itulah yang akan membuat mulut memiliki aroma yang tidak sedap.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara menghilangkan bau mulut. Penasaran apa saja? Yuk kita bahas.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Penyebab Bau Mulut

Pada umumnya, bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut. Akan tetapi, terdapat beberapa alasan tertentu yang menjadi penyebab bau mulut. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya.

Makanan

Penyebab bau mulut yang pertama adalah makanan. Sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi akan membuat bakteri berkembang biak sehingga menimbulkan bau mulut.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi beberapa makanan tertentu seperti bawang merah, bawang putih, makanan yang pedas, oalahan ikan, dan juga kopi juga dapat menyebabkan bau mulut.

Merokok

Penyebab bau mukut yang berikutnya adalah karena terlalu sering mengkonsumsi rokok.

Rokok dikenal sebagai salah satu penyebab bau pada mulut yang paling umum. Hal ini terjadi karena ketika seseorang merokok, maka produksi air liur pada mulut akan menurun sehingga mulut terasa kering dan menimbulkan aroma tidak sedap pada mulut.

Lalai Menjaga Kebersihan Mulut

Salah satu penyebab bau mulut yaitu karena jarang menyikat gigi dengan teratur sehingga membuat bakteri tumbuh pada mulut dan menghasilkan aroma yang tidak sedap.

Namun tidak hanya itu, jarang menyikat gigi juga dapat menyebabkan plak pada gigi yang dapat berujung pada timbulnya karang gigi.

Mengalami Kondisi Mulut Kering

Penyebab bau mulut yang berikutnya adalah karena kondisi mulut yang kering.

Saat produksi air liur pada mulut berkurang, mulut akan menjadi lebih kering sehingga dapat berujung pada aroma mulut yang tidak sedap.

Biasanya, menurunnya tingkat produksi air liur dapat disebabkan karena adanya masalah pada kelenjar ludah. Kalian dapat memeriksa kondisi ini kepihak medis untuk mendapatkan penanganan.

Konsumsi Obat

Penyebab bau mulut yang berikutnya adalah karena sedang dalam mengkonsumsi obat.

Pada umumnya terdapat beberapa jenis obat tertentu yang mengandung zat Antihistamin. Zat yang satu ini digunakan  untuk mengobati alergi. Namun mengkonsumsi obat ini dapat menyebabkan kondisisi mulut kering dan memicu bau pada mulut.

2. Cara Menghilangkan Bau Mulut

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab bau mulut, pada selanjutnya kita akan membahas mengenai cara menghilangkan bau mulut.

Lantas, bagaimana cara hilangkan bau mulut? Berikut pembahasannya.

Rutin Menggosok Gigi

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah dengan rutin menggosok gigi.

Pada umumnya menggosok gigi dapat kalian lakukan setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Menyikat gigi dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi, sehingga dapat menurunkan resiko bau mulut.

Untuk kalian yang sedang mengalami bau mulut, disarankan agar menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida saja.

Pasta gigi yang satu ini dipercaya dapat menghilangkan bakteri dan juga mencegah bau mulut.

Menyikat Lidah

Cara menghilangkan bau mulut yang berikutnya adalah dengan rutin menyikat lidah ketika sedang menyikat gigi.

Ternyata, sisa makanan yang menumpuk di lidah juga dapat memicu penyebab bau mulut. Maka dari itu dianjurkan bagi kamu untuk menyikat lidah ketika menggosok gigi.

Selain gigi, lidah juga bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Sisa-sisa makanan yang tersisa akan menumpuk di lidah dan menyebabkan bau mulut. Jadi pastikan Anda juga membersihkan lidah. Bagi beberapa orang, menyikat lidah akan terasa tidak nyaman. Anda dapat menggunakan sikat khusus lidah agar merasa nyaman.

Minum Air Putih

Cara menghilangkan bau mulut berikutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini bertujuan untuk membasuh mulut dari kemungkinan sisa-sisa makanan yang masih menempel di mulut.

Tidak hanya itu, dengan banyak mengkonsumsi air putih kalian dapat terhindar dari resiko mulut kering yang menjadi salah satu penyebab mulut kering.

Kurangi Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang berikutnya adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang menjadi pemicu bau mulut, bawang merah, bawang putih, makanan pedas, makanan manis, petai, dan makanan dengan bau menyengat lainnya.

Mengganti Sikat Gigi

Cara menghilangkan bau mulut yang berikutnya adalah dengan rutin mengganti sikan gigi yang sudah tidak layak pakai.

Jika kondisi sikat gigi kalian sekarang sudah dalam keadaan yang using, maka sikat tersebut tidak akan bisa menyikat secara bersih, sehingga sisa makanan yang masih menempel akan menjadi pemicu timbulnya bau mulut.

Maka dari itu, kalian dianjurkan untuk rutin mengganti sikat gigi dan memilih sikat yang lebih lembut.

Gunakan Obat Kumur

Cara menghilangkan bau mulut yang berikutnya adalah dengan menggunakan obat kumur.

Obat kumur dapat digunakan untuk membunuh kuman penyebab bau mulut. Caranya kalian hanya perlu berkumur dengan obat kumur dua kali dalam sehari sehabis menggosok gigi.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa obat kumur ini hanya dapat mencegah bau mulut hingga dalam jangka waktu tertentu saja.

Nah, itulah sekilas pembahasan kita mengenai penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat bagi kalian ya, selamat mencoba.

Tag : #gigi    #kesehatan gigi    #kesehatan    #bau mulut    #masalah mulut    #kesehatan mulut   

Baca Juga