Ketua DPRD Depok Minta Pemkot Evaluasi Pembangunan Infrastruktur di Akhir Tahun

Penulis : Desy | Metropolitan | 28-10-2022

T.M. Yusufsyah Putra, Ketua DPRD Kota Depok periode 2019 – 2024. (Foto: dok. Depokraya.news)

PARBOABOA, Jakarta – Ketua DPRD Kota Depok TM Yusufsyah Putra meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk melakukan evaluasi terkait pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara bersamaan di akhir tahun 2022.

"Itu nanti keluhan akan masuk ke kita, akan kita pertanyakan ke pemerintah berkenaan evaluasi melalui alat kelengkapan," kata Yusuf, Selasa (25/10/2022) lalu.

Pembangunan infrastruktur secara serentak yang dilaksanakan di akhir tahun ini berkaitan dengan anggaran. Yusuf menyebut, jika Pemkot Depok kehabisan anggaran, itu berarti pembangunan akan selesai pada waktu yang sudah ditargetkan, yaitu di bulan Desember.

"Kalau serentak emang (karena) anggaran, kita kehabisan anggaran, artinya Desember ini sudah selesai. Mereka punya target jangka pelaksanaannya," kata Yusuf.

Untuk itu, Yusuf menyarankan agar Pemkot Depok melakukan pembangunan lebih awal, supaya tidak terburu-buru dalam penyelesaiannya.

"Mungkin mengevaluasinya sekarang ini bagaimana pemerintah melaksanakan kegiatan itu di awal-awal. Tidak dilakukan di akhir, kalau di akhir semua, kerja terburu-buru semuanya kan. Mudah-mudahan hasilnya maksimal," sambungnya.

Selain itu, pengerjaan infrastruktur di awal juga merupakan upaya untuk menghindari dampak ke masyarakat. Ia pun meminta Pemkot Depok untuk melakukan evaluasi.

"Jadi di awal pelaksanaannya, tidak di akhir semua. Ini kan di akhir semua sehingga kegiatan-kegiatan infrastruktur semua di akhir berbarengan, kejadiannya seperti ini. Bagusnya setelah ketok itu, langsung saja silahkan pelaksanaannya nggak perlu nunggu evaluasi," kata Yusuf.

Adapun kendala dari pembangunan infrastruktur ini salah satunya adalah proses lelang dan peminatnya.

"Nggak (harus di akhir), tinggal bagaimana persiapan dari perangkat daerah. Tapi kendalanya itu yang pertama, mereka alasannya lelang gagal, kemudian peminatnya kurang kan itu harus diulang lagi," ucapnya.

Sebagai informasi, berikut 9 pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Depok hingga akhir tahun 2022, yakni perbaikan jembatan Grand Depok City (GDC) dan betonisasi Jalan Boulevard GDC, penataan pedestrian Margonda segmen 3, pekerjaan beton dari Simpang Kartini sampai sebelum Ciliwung, Detail Engineering Design (DED) Alun-alun, Taman Hutan Kota Wilayah Barat, serta rehab total Puskesmas Bojongsari.

Berikutnya, pembangunan pusat olahraga dan UMKM di beberapa kecamatan, pembangunan dan penataan lingkungan pada kantor kecamatan, dan beberapa kantor kelurahan yang saat ini sedang berjalan. Terakhir, pembangunan dan penataan lingkungan Taman Musik Kota Depok.

Editor : -

Tag : #tm yusufsyah putra    #ketua dprd depok    #metropolitan    #pemkot depok    #infrastruktur   

Baca Juga