Ilustrasi mobil bertipe SUV (dok:Tokopedia.com)

Mengenal Mobil SUV serta Keunggulannya

Dimas | Otomotif | 25-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Mobil Sport Ultility Vehicle (SUV) adalah salah satu tipe mobil yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, berbagai produsen yang menyediakan mobil bertipe SUV mengakui bahwa penjualan mobil bertipe ini selalu mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya.

Mobil SUV sendiri merupakan kombinasi dari dua tipe mobil, yakni tipe penumpang dan tipe off-road. Sehingga, mobil ini bisa dikendarai di jalanan perkotaan maupun dijalanan berat yang berbatu.

Adapun ciri umum mobil SUV, bisa terlihat dari design Ground Clearence (jarak bodi mobil ketanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh tetapi lembut, eksterior dan interior yang tangguh tetapi tetap elegan, ukuran badan dan bodi yang besar, serta mesin yang kuat dan bertenaga besar.

Spesifikasi Umum Mobil SUV

Biasanya, mobil bertipe SUV menggunakan sistem penggerak mandiri atau sistem 4WD pada roda penggerak mobil. Dengan sistem ini, mobil betipe SUV dinilai mendapatkan traksi yang mumpuni untuk melalui medan yang sulit.

Untuk dapur pacu atau mesin, mobil bertipe SUV biasanya sudah dilengkapi mesin berkapasitas besar. Di Indonesia sendiri, rata-rata kapasitas mesin SUV telah mencapai 1.500 cc atau bahkan lebih.

Selain itu, mobil bertipe SUV juga memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak, yakni 4-7 orang dalam satu mobil.

Keunggulan Mobil SUV

1. Kenyamanan Membawa Penumpang

Memiliki genetika sebagai mobil yang dikembangkan handal disegala medan, kendaraan jenis ini meski memiliki kapasitas penumpang yang memadai, soal kenyamanan tak perlu diragukan. Salah satunya perangkat suspensi yang memiliki karakter sedikit lebih keras sehingga dalam kapasitas penuh dan menghadapi medan sulit masih terakomodir dengan baik.

2. Tetap Efisien Meski Membawa Barang Banyak

Teknologi yang saat banyak dimiliki produsen mobil, mampu mematahkan pandangan mobil SUV yang dikenal boros. Meski kini mengusung mesin kompak, untuk menekan konsumsi bahan bakar menjadi efisien. Banyak produsen yang menggunakan perangkat turbo untuk menyokong tenaga yang lebih gahar. Ruang baris ketiga pada model SUV terbaru saat ini juga bisa difungsikan menjadi bagasi yang jauh lebih luas, sehingga mampu membawa kargo yang lebih banyak.

3. Kemampuan SUV di segala medan

Ketangguhan SUV sebagai mobil segala medan menjadi salah satu banyak alasan konsumen memilih mobil ini. Model SUV sendiri dikembangkan memang khusus untuk mengakomodir kebutuhan konsumen terhadap mobil yang tangguh baik di aspal maupun medan off road ringan.

4. Desain SUV kekar

Banyak desainer yang mengarahkan mobil SUV ke bentuk tampilan yang gahar dan kekar. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dari genetika mobil SUV yang sanggup melibas segala medan. Dengan tampilan yang gahar dan kekar ini, tentunya bisa membuat pengemudi SUV tampil percaya diri saat berada dibalik kemudi.

5. Mesin berkubikasi Compact

Teknologi mesin kapasitas kecil yang menjadi acuan banyak produsen untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar, kini sudah menjadi trend. Terlebih masalah tenaga yang kurang besar dalam penggunaan mesin dengan kubikasi mesin kecil, telah tersolusikan dengan penggunaan perangkat turbo.

Teknologi inilah yang kini mematahkan anggapan mobil SUV boros seperti model beberapa tahun lalu dimana banyak produsen membekali produk SUV-nya dengan mesin kapasitas besar.

Nah, itulah seputar informasi terkait mobil tipe SUV serta keunggulannya.

Tag : #mobil    #mobil suv    #otomotif    #desain suv    #keunggulan suv   

Baca Juga