Ilustrasi suku cadang mobil (otoasia.com)

Berikut Keunggulan Memakai Suku Cadang Asli Pada Komponen Mobil

Dimas | Otomotif | 18-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Seluruh pemilik mobil, tentunya menginginkan mobilnya selalu dalam kondisi prima. Untuk itu, perawatan yang tepat terhadap komponen mobil adalah jawabannya.

Namun begitu, tak sedikit para pengguna mobil yang merawat mobil mereka menggunakan suku cadang palsu. Beberapa beralasan, menggunakan suku cadang palsu dinilai lebih murah daripada suku cadang asli.

Melansir dari hondaperkasaklaten. co.id, penggunaan suku cadang palsu akan memiliki risiko terhadap kesehatan mobil. Adapun risiko tersebut, yakni:

1. Merusak komponen mesin

Suku cadang palsu seringkali memiliki ukuran yang berbeda dengan aslinya, meskipun secara sepintas terlihat sama. Biasanya, untuk pemasangan suku cadang ini perlu dilakukan penyesuaian ukuran dengan cara digerinda. Selain itu, penggunaan suku cadang palsu akan mempercepat kerusakan komponen lain yang berada di sekitarnya, seperti komponen yang bergesekan dengan suku cadang ini. Sebab, bahan yang digunakan untuk pembuatan suku cadang palsu ini biasanya bukanlah bahan yang berkualitas.

2. Mesin tidak berfungsi maksimal

Kemampuan kerja mesin yang menggunakan suku cadang palsu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Misalnya, rem mobil menjadi kurang pakem, tarikan terasa berat, atau mengeluarkan bunyi yang lebih berisik daripada kondisi normal. Kondisi ini tentu saja akan memengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara.

3. Berisiko menjadi penyebab kecelakaan

Tidak maksimalnya fungsi kerja mesin bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Ketika suku cadang palsu yang Anda gunakan adalah suku cadang yang berkaitan dengan rem. Bisa Anda bayangkan seandainya rem kendaraan Anda tidak bisa berfungsi normal saat dibutuhkan? Maka kemungkinan terjadinya kecelakaan akan sangat besar.

Setelah melihat risiko pemakaian suku cadang palsu diatas, sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk melakukan hal tersebut. Ada baiknya Anda menggunakan suku cadang asli pada komponen mobil demi kesehatan dan kenyamanan mobil.

Berikut keunggulan penggunaan suku cadang asli pada mobil.

1. Lebih tahan lama

Suku cadang asli dinilai lebih tahan lama karena sudah dibuat atau dimodifikasi menyesuaikan komponen mobil yang sebenarnya.

Selain itu, material suku cadang asli tentunya menggunakan material yang berkualitas dan telah teruji sesuai standart merk mobil.

2. Lebih hemat

Suku cadang yang asli memang memiliki harga yang lebih mahal dengan yang palsu. Namun, Anda harus memahami bahwa penggunan suku cadang asli dapat menekan risiko kerusakan pada mobil.

3. Harga jual kembali tinggi

Rutin mengganti suku cadang habis masa pakai dengan yang asli secara berkala di bengkel resmi dikatakan berdampak pada harga jual kembali. Nilai jual kendaraan yang seperti ini akan semakin baik karena riwayat penggantian terkontrol dan bisa dicermati.

4. Garansi

Setiap onderdil asli yang digunakan pada kendaraan dilindungi garansi. Apabila terdapat kerusakan karena masalah dalam proses pembuatan suku cadang, konsumen dapat melakukan penggantian suku cadang sesuai ketentuan garansi.

Nah, itulah seputar informasi mengenai keunggulan memakai suku cadang asli pada komponen mobil. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #komponen mobil    #otomotif    #suku cadang asli   

Baca Juga