keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam (Foto: ESQ)

5 Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Sari | Pendidikan | 30-03-2022

PARBOABOA – Keutamaan bulan Ramadhan bagi umat islam sangatlah banyak, karena bulan suci selalu dinanti kehadirannya. Tidak hanya sekedar berpuasa, banyak amalan ibadah yang pahalanya dihitung berlipat ganda.

Keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya menyebutkan keistimewaan bulan puasa yang sangat menguntungkan bagi umat islam yang melaksanakan ibadah dan perbuatan amal saleh. Keutamaan bulan suci ini menjadi penyemangat untuk kita rajin beribadah.

Dalil mengenai keutamaan bulan Ramadhan disebutkan dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman yang artinya:

"Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang ba-til). Karena itu, barang siapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu; dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak menghendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur."

Begitu istimewanya bulan Ramadhan, secara khusus Nabi Muhammad SAW mengingatkan kepada hambanya, yang artinya:

“Andaikan umat manusia ini mengetahui keutamaan bulan Ramadan, maka niscaya umatku mengharap satu tahun menjadi Ramadan."

Melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat islam, sebagaimana tertera dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.”

Berikut PARBOABOA rangkum dari berbagai sumber, tentang keutamaan bulan Ramadhan.

1. Bulan Pengampunan Dosa

Keutamaan bulan suci Ramadhan yang pertama adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Bulan Ramadhan menjadi bulan terbaik bagi umat islam yang ingin bertaubat. Sebagaimana Rasullah SAW bersabda yang artinya:

“Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

Selain itu, salah satu keutamaan salat tarawih adalah dikerjakan pada malam bulan Ramadhan ini bisa menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana Hadis Nabi Muhammad SAW yanga artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Pahala yang Berlipat Ganda

Kelebihan bulan Ramadhan berikutnya adalah pahala yang berlipat ganda untuk setiap ibadah yang Anda kerjakan. Amalan-amalan pada bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Hal ini sesuai firman Allah Ta’ala yang artinya:

“Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR. Muslim).

3. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan suci Ramadhan disebut juga sebagai bulan Al-Quran atau Syahrul Quran. Bulan ini menjadi bukti kemuliaan dibandingkan dengan bulan lainnya, karena pada bulan ini diturunkannya Al-Quran.

Allah SWT berfirman dalam Quran Surah Al Baqarah ayat 185 yang artinya:

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)".

4. Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka

Kelebihan bulan Ramadhan berikut ini karena pintu neraka tertutup dan pintu surga dibuka. Maksudnya adalah, Allah menjadikan amalan perbuatan yang dilakukan manusia sebagai pengantar menuju surga. Sedangkan makna pintu neraka tertutup adalah Allah mencegah manusia dari segala perbuatan yang akan mengantarkan mereka ke neraka.

5. Lailatul Qodar Malam Istimewa

Keutamaan bulan suci Ramadhan adalah terdapat satu malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan atau disebut juga dengan malam Lailatul Qodar. Pada bulan ini Allah jadikan puasa di siang hari menjadi kewajiban, dan bangun Salat malam harinya yang disunnahkan, seperti Shalat Tawarih.

Dari Abu Hurairah r.a. menuturkan,Rasulullah s.a.w. bersabda,

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun”. (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i).

Setelah mengetahui beberapa keutamaan bulan Ramadhan, Anda pasti akan bersemangat menyambut Rukun Islam yang keempat ini. Jangan sampai kita melewatkan bulan suci ini begitu saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Tag : #pendidikan islam    #keutamaan bulan ramadhan    #pendidikan    #al-quran    #ramadhan 2022    #rukun islam   

Baca Juga