Kenali Kiamat Sugra dan Tanda – tandanya

Penulis : Ratni Dewi Sawitri | Islam | 07-12-2022

Ilustrasi kiamat sugra (foto: pixabay.com)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Sebagai umat Islam, mempercayai kehadiran hari kiamat adalah suatu kewajiban. Iman  kepada hari kiamat adalah sebagian dari rukun iman yang kelima. Sudah begitu jelas dalam Al-Quran diterangkan tentang kehadiran hari kiamat tersebut, yakni melalui surat Al-Hajj ayat 7 berikut:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: “ Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (QS. Al-Hajj: 7).

Kiamat sendiri dalam Islam terbagi menjadi dua, yakni kiamat sugra (kecil) dan kubro (besar). Dalam hal ini hanya akan membahas mengenai kiamat sugro.

Kiamat sugro secara bahasa memiliki arti kecil atau kiamat kecil. Di mana kiamat ini banyak ditemukan di kehidupan sehari - hari. Misalnya saja adanya bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, hingga kematian.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang kiamat kecil, dalam artikel ini Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang pengertian, contoh, tanda – tanda kiamat sugra dan perbedaannya dengan kiamat kubro

Apa itu kiamat sugra?

Kiamat merupakan sebuah proses hancurnya alam semesta beserta kehidupan yang telah diciptakan oleh Allah SWT.

Percaya terhadap hari kiamat merupakan rukun iman kelima yang wajib untuk diyakini bagi seorang muslim.

Bila seorang mati dalam istilah agama dikatakan telah datang kiamatnya, yaitu kiamat kecil. Selain itu, terjadinya bencana – bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, banjir, dan tanah longsor juga termasuk dalam bagiannya.

Firman Allah SWT dalam surah Ar Rahman ayat 26-27. Dia berfirman:

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ ٢٦ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ ٢٧

Artinya: "Semua yang ada di atasnya (bumi) itu akan binasa. (Akan tetapi,) wajah (zat) Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal."

Selanjutnya, dalam surah Ali Imran ayat 185 Allah SWT juga berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ ١٨٥

Artinya: "Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."

Perbedaan Kiamat Sugra dengan Kiamat Kubra

Dalam islam, kiamat dibagi menjadi dua yakni kiamat kubra (besar) dan kiamat sugra (kecil). Kiamat kubra adalah kiamat besar, kiamat yang menghancurkan seluruh alam semesta beserta isinya. Tanda – tanda terjadinya kiamat kubro, seperti muncul asap dari timur ke barat, terbitnya matahari dari barat dan tenggelam di timur, munculnya dajjal, ditiupnya trompet sangkakala dan turunnya Nabi Isa as.

Sementara, kiamat sugra adalah suatu akhir atau kematian yang dialami oleh sebagian makhluk yang bernyawa. Itu sebabnya kiamat ini artinya kiamat kecil, karena tidak terjadi pada semua makhluk di alam semesta ini. Kiamat jenis ini sering terjadi di kehidupan sehari – hari.

Contoh Kiamat Sugra

Mengutip buku Pendidikan Agama Islam karya Bachrul Ilmy dan buku Kiamat Bisa Datang Nanti Malam yang disusun oleh Moh. Hasan, berikut contoh - contohnya:

  • Kematian/ meninggal dunia
  • Bencana alam seperti gunung meletus, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, badai, dan sebagainya
  • Mewabahnya penyakit menular
  • Fitnah merajalela
  • Lenyapnya ilmu pengetahuan
  • Diserahkannya urusan kepada orang yang bukan ahlinya
  • Maraknya perzinaan
  • Adanya kematian yang mendadak
  • Sebagian orang menjadi murtad
  • Lebih banyak jumlah wanita dibanding lelaki
  • Banyaknya peminum khamar
  • Lunturnya kejujuran
  • Bermunculan nabi-nabi palsu
  • Masjidil haram dihancurkan
  • Banyaknya riba
  • Masjid dijadikan tempat wisata

Menurut buku tersebut, kiamat kecil ini merupakan bentuk teguran dari Allah SWT kepada umat manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang benar dengan bertobat dan berbuat baik.

Tanda – tanda Kiamat Sugra

Sebuah kiamat memang sulit untuk diketahui, namun Allah SWT memberikan sebuah tanda – tanda yang pasti. Sebelum terjadi kepada manusia, tentu pasti ada tanda – tandanya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tanda – tanda kiamat ini sering terjadi dikehidupan sehari – hari bahkan sangat dekat dengan kehidupan kita. Begitu banyaknya peristiwa bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, tsunami, maraknya kejahatan (pembunuhan, pencurian, perjudian, pemerkosaan), banyaknya pria beprilaku seperti wanita sebaliknya, lahirnya anak tanpa ada ikatan pernikahan, bermunculan nabi – nabi palsu, masjid dijadikan tempat wisata.

Itulah tanda – tanda kiamat sugro atau kiamat kecil yang wajib diketahui oleh umat Islam. supaya bisa menjadi pengingat diri dan renungan yang kemudian dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki  diri menjadi orang yang lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Ayo, semakin perkuat iman dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #kiamat sugra    #pendidikan    #contoh kiamat sugra    #tanda tanda kiamat sugra   

Baca Juga