Kebakaran di kilang Pertamina Balikpapan (dok iNews TV/Mukmin Azis)

Kilang Pertamina di Balikpapan Terbakar, Seorang Kontraktor Asal Medan Jadi Korban

Rini | Nasional | 16-05-2022

PARBOABOA, Balikpapan - Kilang PT Pertamina yang terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur terbakar pada hari ini, Minggu (15/5/2022) sekitar pukul 10.30 Wita.

Api dalam kebakaran ini muncul setelah terjadi ledakan yang cukup kuat dari Plant 5 Unit Hydro Skimming Complex.

Berselang satu jam kemudian, pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi berhasil menjinakkan api.

Nahas ada 6 orang di lokasi kejadian, 5 diantaranya berhasil selamat, sedangkan seorang kontraktor yang sempat dikabarkan terjebak di lokasi, dikabarkan telah meninggal dunia.

Korban yang berinisial J (22) merupakan seorang warga Medan, Sumut. Saat ini jenazahnya masih disemayamkan di ruang Mortuary Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan, sebelum diterbangkan kembali ke kampung halamannya hari ini, Senin (16/5).

Selain korban meninggal, 5 orang lainnya mengalami luka bakar dalam insiden ini, 3 diantaranya menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan. Sedangkan 2 orang lainnya yang hanya terpapar panas telah kembali ke rumah masing-masing, setelah menjalani pemeriksaan di Klinik Pertamina.

General Manager (GM) Kilang Pertamina Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada keluarga korban atas insiden ini.

"Kami sangat berduka dan menyampaikan rasa berbelasungkawa yang mendalam pada keluarga korban," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, pihak Pertamina akan memberikan memberikan penanganan terbaik berkenaan dengan hak-hak korban tersebut dan keluarganya seraya menyiapkan kebutuhan lain yang diperlukan.

"Sekali lagi kami memohon maaf kepada keluarga, bahwa upaya perawatan maksimal yang diberikan tidak dapat menyelamatkan korban," katanya.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan. Namun akibat insiden ini, operasional Plant 5 yang menyiapkan bahan baku untuk produk gasoline ini dihentikan.

Bulan Maret lalu, kilang Pertamina Balikpapan ini juga mengalami kebakaran. Beruntung saat itu api dengan cepat dipadamkan dan tidak menimbulkan korban jiwa. 

Tag : #pertamina balikpapan    #kebakaran    #nasional    #kilang pertamina balikpapan terbakar    #korban tewas    #penyebab kebakaran    #   

Baca Juga