Viral Perjuangan Ibu ODGJ Rawat Bayi Begitu Memprihatinkan. (Instagram/@kabarnegri)

Kisah Pilu, Perjuangan Ibu ODGJ Rawat Bayinya

Sarah | Daerah | 10-02-2022

PARBOABOA, Labuhan Batu - Pepatah yang mengatakan kasih seorang ibu sepanjang masa, memang bukanlah omong kosong belakang. Hal ini terlihat dalam sebuah video viral yang dibagikan oleh pemilik akun Instagram @kabarnegri.

Video tersebut memperlihatkan perjuangan seorang ibu yang memiliki gangguan jiwa (ODGJ) merawat bayinya. Pengunggah video menyebut bahwa peristiwa itu terjadi di Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu.

"Alamatnya hapesong Desa Bandar Kumbul, Kecamatan Bilah Barat, Labuhan Batu," demikian narasi di dalam video, Rabu (9/2/2022).  

Disebut, wanita itu tidak mempunyai suami. Ayah dari bayi itu juga tidak diketahui keberadaannya. Alhasil, sang ibu yang memiliki gangguan kejiwaan itu harus merawat bayinya seorang diri.

Terlihat pula kondisi rumah ODGJ itu yang sangat memprihatinkan. Ia hanya tidur di lantai yang terbuat dari semen, tanpa kasur ataupun alas. Sedangkan sang  bayi hanya dibaringkan di tumpukan kain kotor tanpa mengenakan pakaian.

Di lain sisi, bayi tersebut tampak lemas dan tak berdaya akibat terkena sorotan sinar matahari.  Sedangkan sang ibu hanya bisa melihatnya dengan tatapan kosong. Selain itu, ibu itu juga disebut berasal dari keluarga yang kurang mampu.

"Ibunya ODGJ. Ayahnya? Anaknya sangat memperihatinkan. Keluarganya juga termasuk kurang mampu. Moga segera banyak yang peduli!" lanjut akun ini.

Sontak, video itu pun viral dan mengundang beragam komentar simpati dari warganet. Mereka berharap agar keluarga itu segera mendapatkan pertolongan dan hidup yang lebih layak.

"Siapapun tolongin anaknya. Ambil dan rawat. Tetangga atau siapa aja yang tahu plis. Seumuran anak saya ini. Jadi sedih lihatnya," komentar warganet.

"Kasihan banget kamu nak, pasti kedinginan, kelaparan, kehausan," ujar warganet.

"Ibunya ODGJ, ayahnya ODGJ, keluarganya ODGJ juga kah? Yang berwenang juga kah?" sentil warganet.

"Narasumber bagi alamat agar area setempat bisa visit. Terus ODGJ juga bisa dirawat. Semua yang terbaik untuk anaknya," tambah yang lain.

"Kemana Dinas Sosial, kenapa anaknya tidak diambil saja oleh Dinsos?" timpal lainnya.

"Ya Allah ya Tuhanku. Semoga diberikan kesehatan untuk dedek bayi dan ibunya," doa warganet.

Tag : #odgj    #bayi    #labuhan batu    #berita sumut   

Baca Juga