Knalpot mengeluarkan suara seperti letusan saat gas dilepas.

Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas, Ini Solusinya

Maraden | Otomotif | 25-09-2021

PARBOABOA – Bagi pengendara atau pemilik motor pasti pernah mengalami knalpot nembak ketika gas dilepas.

Kondisi yang tidak normal tersebut memang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, maka dari itu adalah penting untuk mengetahui penyebab knalpot motor seperti meletus saat melepas gas.

Knalpot mengeluarkan suara seperti tembakan tentunya akan mengganggu anda dan pengendara lainnya. Karena itu, hal tersebut harus segera dibenahi agar tidak menimbulkan kerusakan lain pada motor.

Secara fungsi, sehatusnya knalpot menajdi komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran.

Fungsi dari knalpot yang harus Anda ketahui yaitu:

1.      Membantu Menambahkan Tenaga Pada Kendaraan.

2.      Membantu Mengurangi Polusi Udara

3.      Bisa Mengurangi Bobot Kendaraan

4.      Membantu Meredam Suara dari Ruang Pembakaran

5.      Bisa Dijadikan Sebagai Aksesoris Kendaraan

Juga perlu kita ketahui dahulu bagian-bagian yang terdapat di dalam komponen knalpot yaitu:  Resonator, Chamber, Silencer, dan Header.

Adapun hal yang menyebabkan knalpot bisa nembak saat lepas gas adalah sebagai berikut:

Lupa Menutup Tutup Choke. Ketika Anda membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah. Jika motor berjalan tanpa menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti suara ledakan. Biasanya juga akan menyebabkan aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

Knalpot Mengalami Kebocoran. Jika komponen knalpot mengalamikebocoran bisa diketahui dari suara kendaraan yang mengalami kebisingan atau tidak.

Ada Masalah Pada Saluran Mesin. Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran sehingga bisa menahan suara bising yang muncul. Hal ini biasa terjadi pada bagian selang udara, jika kondisinya normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.

Ada Masalah Pada Bagian Busi. Ini merupakan penyebab utama dari knalpot yang nembak saat gasnya dilepas. Motor dengan busi yang mengalami kerusakan, proses pengapian juga tidak akan maksimal, maka kinerjanya tidak akan maksimal.

Terlalu Banyak Campuran Bahan Bakar.  Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar membuat knalpot motor nembak saat lepas gas.

Nah, untuk menghidari keadaan knalpot nembak itu, perlu melakukan pengecekan terhadap motor dan knalpot itu sendiri agar dapat mengatasi masalahnya. Kamu bisa melakukan pengecekan sebagai berikut:

Mengecek Kondisi Knalpot. Kamu bisa mengecek bagian knalpot dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Sesuaikanlah dengan standar pada kendaraan.

Mengecek Bagian Busi. Periksa apakah busi mengalami masalah atau tidak. Jika memang mengalami masalah, bisa langsung mengganti busi tersebut dengan yang baru.

Mengganti Filter Udara. Melakukan penggantian filter udara juga akan menghidari knalpot meletus lagi. Jika Anda tidak paham cara menggantinya, bisa pmendatangi bengkel motor langganan anda.

Tag : #otomotif    #knalpot motor    #knalpot motor nembak    #suara meletus knalpot   

Baca Juga