Photo credit: TMZ

Komik Marvel Edisi Pertama Laku Rp34 Miliar

Dion | Internasional | 26-03-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sebuah buku komik Marvel edisi pertama laku terjual dengan harga fantastis dalam sebuah lelang daring yang digelar di New York, Amerika Serikat.

Dikenal sebagai Komik Marvel #1, edisi 'spesial' itu terjual di angka US$2,4 juta, atau sekitar Rp34,3 miliar.

"Ini tak diragukan lagi sebagai satu dari tiga besar buku komik di dunia koleksi komik," ujar Vincent Zurzolo, kepala operasi balai lelang ComicConnect, seperti dikutip dari kantor berita Associated Press, Sabtu (26/3/2022).

Menurut Zurzolo, identitas pembeli komik langka itu tidak akan dipublikasi. "Ia seorang kolektor dan investor komik yang sangat berdedikasi. Ia juga mengoleksi benda-benda unik lainnya," tambah Zurzolo mengenai sang pemenang lelang.

Diterbitkan pada tahun 1939, Komik Marvel #1 memperkenalkan sejumlah karakter seperti Sub-Mariner dan Human Torch orisinal. Karakter Human Torch di kemudian hari menjadi bagian dari anggota Fantastic Four.

Komik itu merupakan sunber utama dari terbentuknya dunia komik Marvel, film, tayangan televisi, serta video gim.

Buku yang kondisinya sangat terawat itu menjadi incaran utama para kolektor. Karena di dalamnya terdapat tulisan tangan penerbitnya yang menorehkan jumlah upah artis dan penulis yang berkontribusi pada komik tersebut.

Sebagai contoh, Frank R. Paul menerima upah sebesar US$25 untuk menggambar sampul komik itu.

"Luar biasa pentingnya melihat ke dalam dunia dan di balik layar sebuah perusahaan komik terbesar," tutur Zurzolo.

Marvel merupakan komik yang memperkenalkan tokoh-tokoh terkenal seperti Spider-Man, Fantastic Four, X-Men, the Avengers, Iron Man, Daredevil dan the Incredible Hulk.

Tag : #komik Marvel    #marvel    #internasional    #Vincent Zurzolo    #Fantastic Four    #Spider-Man    #Fantastic Four    #X-Men    #the Avengers   

Baca Juga