Komponen sepeda motor yang harus dicek sebelum mudik (Foto: Dok Suara.com)

Ingin Mudik Menggunakan Sepeda Motor? Berikut Komponen Penting yang Harus Dicek

Dimas | Otomotif | 27-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Tak sedikit orang yang memilih mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, menggunakan sepeda motor dinilai lebih praktis dan mudah menghindari jalanan yang macet,

Meski begitu, sebelum Anda Menggunakan sepeda motor untuk mudik, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu komponen-komponen penting pada sepeda motor.

Hal itu sangat penting dilakukan guna mengindari timbulnya masalah pada sepeda motor Anda saat melakukan perjalan mudik. Selain itu, mengecek komponen sepeda motor juga berguna untuk menjaga komponen pada sepeda motor tetap awet setelah melakukan perjalanan mudik.

Komponen Penting Sepeda Motor yang Harus Dicek Sebelum Mudik

1. Cek kondisi mesin

Pengecekan mesin sepeda motor hendaknya dilakukan minimal seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, hal ini dilakukan untuk menghindari pergantian part yang mungkin butuh waktu untuk mencarinya. 

2. Oli mesin

Oli mesin motor harus dicek dan diganti secara berkala untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Selain itu, pengendara juga harus memperhatikan filter oli agar sirkulasi oli ke bagian mesin berjalan lancar dan dianjurkan untuk diganti sebelum Anda lakukan mudik lebaran.

3. Kondisi ban sepeda motor

Ban sepeda motor merupakan komponen yang pertama harus diperiksa dari alur ban untuk mengetahui apakah masih tebal dan apakah tekanan angin masih sesuai dengan ukuran standarnya. Selain itu, juga harus memperhatikan kapasitas penumpang dan barang bawaan agar tidak melebihi kemampuan dari ban itu sendiri.

4. Cek Lampu dan Baterai

Beberapa orang sering terlihat melakukan perjalanan mudik saat malam hari dengan alasan, yakni menghindari panas dan kemacetan. Hal ini merupakan faktor penting untuk wajib mengecek kondisi lampu sepeda motor serta fungsi dari speedometer di sepeda motor.

Selain itu, baterai sepeda motor harus dipastikan dalam keadaan baik. Sebab, baterai merupakan sumber arus utama di sepeda motor yang mendukung kinerja maksimal dari komponen-komponen kelistrikan paa sepeda motor,

5.Cek kondisi rem

Rem merupakan komponen paling penting di sepeda motor. Sebab rem berguna untuk mengurangi laju kendaraan. Pengendara perlu mengecek terlebih dahulu apakah kampas rem masih tebal, minyak rem masih cukup, serta lampu rem menyala dengan baik.

Nah, itulah seputar informasi terkait komponen penting pada sepeda motor yang harus dicek terlebih dahulu sebelum lakukan perjalan mudik.

Tag : #sepeda motor    #mudik    #otomotif    #rem    #oli    #ban   

Baca Juga