Kondisi Jalan Tol Amplas (Detik.com)

H+3 Lebaran, Kondisi Jalan Tol Amplas Terlihat Normal

Sarah | Daerah | 04-05-2022

PARBOABOA, Medan - Memasuki hari ketiga Lebaran, gerbang Tol Amplas, Medan sejauh ini masih terlihat biasa saja.

Asisten Manager Transaksi Ruas Tol Belmera, Fery Sitanggang mengatakan, volume kendaraan keluar masuk Tol masih normal dan belum ada peningkatan arus balik mudik.

"Dari gerbang Tol Amplas situasi arus kendaraan Lebaran masih cenderung normal, belum ada tanda-tanda peningkatan," kata Fery, Rabu (4/5/2022).

Fery menjelaskan, sejak hari pertama Idulfitri hingga H+2, volume kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut masih sama seperti hari-hari biasa, yakni rata-rata 19 ribu kendaraan.

Menurutnya, puncak arus balik libur Lebaran akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Namun, akan lebih spesifik cenderung di tanggal 7 dikarenakan ada peningkatan kendaraan mengingat pada tanggal 9 Mei aktivitas pekerja rata-rata sudah dimulai.

"Mengingat di tanggal 9 sudah mulai beraktivitas dan cuti bersama sudah berakhir. Sehingga kami memprediksi arus balik akan terjadi puncaknya di tanggal 7," ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dan kemacetan, Tol Amplas telah menyiapkan skema jemput bola terhadap kendaraan yang mau keluar dan masuk gerbang tol.

Apabila sudah terjadi penumpukan petugas akan membawa alat mobile rider guna mempersingkat transaksi. Sehingga pengemudi tak lagi mengantre ke pos e-toll.

Selain itu mereka juga akan mengalihkan arus lalu lintas ke pintu lain guna mengurai kepadatan. Contohnya, mereka mengalihkan kendaraan ke gerbang tol H Anif dan Helvetia.

Pengendara juga diminta mengisi saldo terlebih dahulu sebelum memasuki jalan Tol.

"Perlu kami sampaikan untuk memperlancar lalulintas gerbang tol berharap supaya mencukupi saldo sehingga tidak terjadi antrean dan transaksi bisa cepat," tutupnya.

Tag : #jalan tol amplas    #lebaran    #daerah    #medan    #berita sumut   

Baca Juga