Karena konflik Rusia dan Ukraina lokasi final Liga Champions terancam pindah (Foto: AFP/Ozan Kose)

Konflik Rusia dan Ukraina Semakin Panas, Lokasi Final Liga Champion Terancam Pindah

Michael | Sepakbola | 22-02-2022

Parboaboa.com – Lokasi Final Liga Champions 2022 terancam pindah dari Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, menyusul konflik Rusia dan Ukraina yang semakin panas. Namun, hingga kini UEFA memastikan belum ada perubahan.

Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dalam keterangan resmi menyatakan final Liga Champions 2021/2022 akan dijadwalkan bermain di Stadion Krestovsky, St. Petersburg, Rusia, 28 Mei mendatang, akan berjalan sesuai rencana. Meski begitu, UEFA akan terus memantau perkembangan terkini konflik Rusia dengan Ukraina.

“UEFA terus memantau situasi. Sejauh ini tidak ada rencana untuk mengubah lokasi pertandingan,” bunyi pernyataan resmi UEFA, dikutip dari The Guardian, Selasa (22/02/2022).

Rumor Final Liga Champion terancam dipindah dari Rusia muncul setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan keputusan untuk mengirim pasukan ke wilayah Donbas, wilaya timur di Ukraina.

Pihak UEFA hingga kini masih mengambil sikap aman karena belum ada persitiwa besar yang berpotensi mengancam keamanan di St. Petersburg. Namun Stadion Wemblem di Inggris disebut-sebut siap menjadi lokasi pengganti jika UEFA resmi memindahkan tempat terjadinya Final Liga Champions 2022.

Pemindahan Final Liga Champions pernah terjadi. Pada edisi Final 2021, pertandingan antara Chelsea vs Manchester Citu juga dipindahkan dari Istanbul ke Porto.

Kala itu alasan pemindahan didasari peraturan pemerintah Turki yang memasukkan Inggris ke daftar merah negara yang berpotensi menularkan COVID-19.

Rusia terakhir kali menjadi tuan rumah Final Liga Champion pada edisi 2008 di Stadion Luzhniki, Moskow. Saat itu Manchester United keluar sebagai juara dalam drama adu penalti melawan Chelsea.

Kota St. Petersburg juga berpengalaman dalam mengadakan acara sepak bola seperti Piala Dunia 2018 dan beberapa pertandingan Euro 2020 pada pertengahan 2021 yang lalu.
 

Tag : #liga champion    #uefa    #babak 16 besar    #rusia    #ukraina   

Baca Juga