Polisi menghancurkan rumah tokoh Muslim di India. Reuters

Gunung Bulusan Erupsi, Kota-kota di Filipina Tertutup Debu Vulkanik

Dion | Internasional | 13-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sejumlah kota dan pedesaan di Filipina tertutup debu vulkanik akibat letusan gunung berapi yang berlangsung pada Minggu waktu setempat. 

Dilansir laman Channel News Asia, Senin (13/6/2022), Gunung Bulusan ynag terletak di Pulau Luzon, Provinsi Sorsogon, menyemburkan abu tebal setinggi satu kilometer. 

Menurut AFP, mengutip keterangan badan seismologi setempat, gunung yang berjarak 390 kilometer dari ibu kota Manila itu mengeluarkan letusan selama 18 menit. 

Peristiwa itu mengakibatkan jarak pandang terganggu dan memaksa maskapai penerbangan membatalkan penerbangan.

Letusan kali ini merupakan susulan dari letusan sebelumnya yang terjadi pada 5 Juni dan menutupi 10 desa dengan debu vulkanik. 

Letusan kedua ini terdengar sangat keras sehingga membuat penduduk Kota Juban terbangun dari tidurnya.

“Saya pikir itu hanya hujan, tetapi ketika saya melihat ke luar, ada abu di mana-mana,” kata seorang penduduk, Antonio Habitan. 

“Sungai kami dulunya jernih tapi sekarang berwarna abu-abu,” lanjut Antonio lagi kepada AFP.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada laporan korban jiwa. Namun demikian, badan seismologi Filipina menaikkan tingkat siaga tertinggi. 

“Kami belum bisa bilang (letusan) sudah selesai. Masih ada kemungkinan erupsi ini disusul letusan lagi, Kami harus hati-hati dengan Gunung Bulusan,” kata Kepala Badan Seismologi Filipina Renato Solidum.

Pemerintah Filipina mengerahkan para pekerja darurat guna membersihkan jalanan dan memandu pengendara yang kesulitan melihat karena terbatasnya jarak pandang. 

Karena letusan Gunung Bulusan memaksa lima penerbangan di daerah itu dibatalkan. Sedangkan kantor urusan kebencanaan lokal Juban mengatakan ada 366 orang yang telah dievakuasi ke tempat penampungan darurat.

Sebagian besar dari jumlah tersebut dievakuasi beberapa hari sebelum letusan karena serangkaian gempa vulkanik.

Gunung berapi Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir. Puluhan letusan serupa tercatat pada 2016 dan 2017.

Filipina terletak di Cincin Api Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

Tag : #gunung bulusan    #filipina    #internasional    #erupsi    #debu vulkanik   

Baca Juga