parboaboa

Kreator YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Uang Mulai 1 Februari

Wanovy | Teknologi | 11-01-2023

Ilustrasi YouTube Shorts kini hadirkan fitur monetasi untuk konten kreator, foto: allstars.id

PARBOABOA - YouTube mengumumkan, kreator kini bisa mendapatkan penghasilan iklan dari Shorts mulai 1 Februari mendatang. Sebelumnya di bulan September 2022, opsi monetisasi Shorts melalui iklan disebut tengah digarap oleh pihak YouTube.

Mengutip The Verge, Selasa (10/1/2023), perubahan tersebut hadir sebagai bagian dari update yang lebih luas di Program Mitra YouTube alias YouTube Partner Program.

Di mana, program ini mempersyaratkan semua anggotanya untuk menyetujui persyaratan perjanjian baru, baik mereka ingin menghasilkan uang atau tidak dari Shorts.

Dengan kata lain, kreator bisa mulai mendapatkan uang dari konten video pendek vertikal di YouTube itu mulai awal bulan depan. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri dalam YouTube Partner Program (YPP), khususnya menyetujui bagian "Shorts Monetization Module".

Pengumuman monetisasi Shorts diumumkan langsung oleh YouTube melalui sebuah postingan di laman Support Google.

"Bagi hasil (dari iklan) di YouTube Shorts akan dimulai pada 1 Februari 2023," tulis YouTube di laman Support Google, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (11/1/2023).

Sebelumnya, pada September lalu, YouTube memang berjanji bahwa kreator bisa ikut memonetisasi konten Shorts lewat YouTube Partner Program (YPP) mulai 2023. Janji itu dipenuhi akhirnya dipenuhi YouTube.

Dengan ini pula, maka program Shorts Fund resmi dihentikan, digantikan dengan program YouTube Partner Program untuk monetisasi Shorts.

Sebelumnya, kreator yang menghasilkan video Shorts paling menarik dan paling banyak dilihat selama tahun 2021 hingga 2022 diberikan iming-iming imbalan/gaji dengan nilai total 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,43 triliun lewat program bernama Shorts Fund.

Sejak muncul di 2021, penggunaan YouTube Shorts sangat berkembang dengan cepat. Penonton YouTube Shorts juga mengalami peningkatan.

Tetapi saat itu YouTube Short belum bisa di monetisasi seperti video YouTube yang berdurasi panjang.

Dalam acara konferensi pers kolaborasi XL Asiata dan YouTube Indonesia, Country Head YouTube Indonesia, Suwandi Widjaja mengumumkan bahwa mulai 2023 para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi YouTube Shorts. Kreator YouTube Shorts akan bisa menghasilkan uang melalui platform YouTube.

Untuk menghasilkan uang melalui YouTube Shorts, pengguna harus bergabung dengan YouTube Partner Program.

Persyaratan untuk bergabung di YouTube Partner Program yaitu pengguna akun YouTube harus mempunyai minimal 1.000 subscriber dan memiliki 10 juta views dalam 3 bulan.

Penggunaan platform YouTube Short sama dengan video YouTube yang berdurasi panjang, yang membedakan adalah pada YouTube Shorts hanya bisa memposting konten berdurasi pendek sama seperti instagram reels dan TikTok.

Pengguna platform YouTube memang terus mengalami peningkatan, karena dengan menggunakan YouTube, orang – orang bisa bebas berkarya sesuai pasion yang mereka punya.

Editor: -

Tag: #youtube shorts    #youtube    #teknologi    #apps    #internet    #monetasi youtube   

BACA JUGA

BERITA TERBARU