Kebakaran di Pasar Gembrong (dok cnnindonesia/adiibrahim)

Kronologi Kebakaran Pasar Gembrong yang Hanguskan Ratusan Bangunan

Rini | Nasional | 25-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Kebakaran hebat melanda permukiman di kawasan Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rahmat, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022) malam.

Api yang diduga muncul akibat korsleting listrik di salah satu rumah warga, dengan cepat menyebar dan membakar ratusan gedung yang ada di area pemukiman tersebut.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran dilaporkan sekitar pukul 21.06 WIB.

Warga yang ada di lokasi sempat berusaha untuk memadamkan api, namun karena di rumah-rumah di lokasi kebakaran banyak yang berbahan kayu, membuat api dengan cepat merembet ke rumah lainnya.

Setelah menerima laporan, tim Pemadam Kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi dengan membawa 130 petugas dan 26 unit mobil Damkar untuk menjinakkan si jago merah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun 400 bangunan ludes terbakar dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar. Selain itu, 450 kepala keluarga atau sekitar 1000 orang terdampak akibat kebakaran ini.

"Objek terbakar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan di RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, dan RT 6 RW 01," kata Gatot, Senin (25/4).

Pasar Gembrong dikenal di kalangan masyarakat dan sekitarnya sebagai pasar tempat penjualan mainan terbesar di Jakarta. Di sekitar area pasar terdapat rumah padat penduduk yang sudah sudah beberapa kali mengalami kebakaran, pada tahun 2015 dan 2017.

Tag : #kebakaran    #pasar gembrong    #nasional    #pasar gembrong terbakar    #penyebab kebakaran    #kerugian akibat kebakaran   

Baca Juga