Kuda terkecil di dunia (Foto: iStock/Alexia Khruscheva)

Versi Mini, Inilah 5 Kuda Terkecil di Dunia

Wulan | Hiburan | 27-08-2022

PARBOABOA – Selain mampu berlari dengan cepat, kuda juga dikenal sebagai hewan mamalia bertubuh besar. Namun, ada beberapa jenis kuda di dunia yang justru mempunyai ukuran tubuh kecil dengan rata-rata tinggi hanya satu meter saja.

Walaupun begitu, beberapa jenis kuda mini ini juga mempunyai tenaga kuat yang mampu mengangkut beban berat seperti gerobak hingga hasil pertanian dan tambang.

Dikenal dengan penampilannya yang menarik serta populasi yang mulai langka di alam liar, inilah lima jenis kuda dengan ukuran tubuh paling kecil di dunia dilansir dari laman Horseyhooves dan Thevetexpert, sebagai berikut:

1. Noma Pony

Jepang diketahui memiliki delapan spesies kuda dan salah salah satunya adalah noma pony. Adapun nama noma sendiri berasal dari daerah asalnya yaitu Kabupaten Noma yang berada di wilayah Aichi.

Dikutip dari laman Horseyhooves, ukuran tinggi noma pony dewasa hanya 103 sentimeter. Diketahui, populasi noma pony di alam liar sangatlah langkah akibat adanya perkawinan silang dengan spesies kuda lain.

Namun, untungnya beberapa komunitas pecinta kuda mengambil langkah untuk menjaga ras murni noma pony, sehingga perlahan-lahan jumlah populasi kuda ini semakin bertambah setiap tahunnya.

2. Guoxia

Jenis kuda yang satu ini diyakini sudah ada sejak 200 tahun lalu. Hal tersebut terbukti dari adanya peninggalan patung kuno berbentuk kuda Guoxia. Kuda yang berasal dari wilayah Tiongkok ini memiliki rata-rata tinggi hanya 101 sentimeter.

Adapun nama guoxia ini memiliki arti “pohon buah”, dimana dulunya kuda ini digunakan oleh para petani untuk mengangkut hasil panen buah-buahan di kebun.

Jika dilihat dari segi penampilan, spesies kuda ini memiliki bentuk yang terlihat sangat primitif dengan kepala dan telinga berukuran kecil, punggung lurus serta leher pendek.

3. Shetland Pony

Jenis kuda yang satu ini berasal dari wilayah kepulauan Shetland yang berada di negara Skotlandia. Kuda ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk keperluan mengolah lahan pertanian, menarik gerobak hingga bekerja di tambang dikarenakan shetland pony memiliki stamina yang besar.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, namun shetland pony termasuk salah satu spesies kuda terkuat di dunia, lho. Hal tersebut dikarenakan mereka mampu mengangkut beban dua kali lipat dari berat tubuhnya.

4. Falabella

Falabella dinobatkan sebagai spesies kuda terkecil di dunia yang hanya memiliki tinggi antara 54 hingga 87 sentimeter. Dilansir dari laman Thevetexpert, kuda yang memiliki corak tubuh bak sapi ini berasal dari wilayah Spanyol namun didaftarkan pertama kali sebagai spesies kuda baru di Argentina pada tahun 1940 dengan nama Juan Fallabella.

Diketahui, spesies kuda ini sangat sulit dikawinkan dan hanya dapat berkembangbiak dengan sendirinya. Selain itu, kuda ini juga dikenal dengan kepribadiannya yang sangat lembut dan jinak kepada manusia.

5. Miniature Horse

Saat mendengar namanya, bisa ditebak jika kuda ini memiliki ukuran badan yang sangat kecil. Dibanding dengan spesies kuda bertubuh kecil yang ada di dunia, miniature horse merupakan yang paling populer karena penampilannya yang menarik dengan tinggi badan 96 sentimeter.

Kuda ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang ingin belajar menunggangi kuda. Selain itu, miniature horse juga banyak dimanfaatkan oleh manusia layaknya kuda yang berukuran normal untuk menarik gerobak dan mengangkut barang.

Itulah 5 kuda dengan ukuran mini atau terkecil di dunia. Memang sih, kebanyakan dari spesies kuda diatas mempunyai populasi yang sangat sedikit di habitat aslinya. Untuk itu yuk mulai sama-sama cegah agar jenis kuda diatas terhindar dari kepunahan.

Tag : #terkecil    #kuda    #hiburan    #kuda terkecil di dunia    #noma pony    #guoxia    #shetland pony    #falabella    #miniature horse   

Baca Juga