Resep Kue Bulan atau Moon Cake khas Masyarakat Tionghoa

Ester | Selera Nusantara | 09-01-2023

Resep Kue Bulan (Foto:Shutterstock/Voraorn Ratanakorn)

PARBOABOA – Kue Bulan atau Moon Cake adalah salah satu makanan tradisional Masyarakat Tionghoa yang kerap disajikan saat perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri, kue bulan biasanya disebut sebagai gwee pia atau tiong chiu pia. Umumnya, kue bulan memiliki bentuk bundar dan dicetak menjadi berbagai tulisan ataupun gambar.

Tulisan atau huruf Mandarin juga biasanya dicetak pada bagian atas kue bulan ini, seperti gambar bulan purna, kelinci, tulisan keberuntungan,dan lain sebagainya.

Rasanya yang manis dan memiliki aneka isian membuat banyak orang tertarik mencoba moon cake ini selain Masyarakat Tionghoa sendiri. Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi rasa dari kue bulan, ulasan di bawah ini akan membantu kamu.

Tidak harus membelinya ke pasaran, saat ini kamu dapat membuat moon cake sendiri di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini. Sebab, kami akan memberikan resep kue bulan atau tong ciu pia yang mudah namun anti gagal.

Resep Classic Mooncake atau Kue Bulan

Bahan Golden syrup:

  • 250 gr gula halus
  • 250 gr gula palm atau brown sugar
  • 250 gr air
  • 1/2 lemon ambil airnya

Bahan adonan kulit:

  • 250 gr terigu protein sedang
  • 175 gr golden syrup
  • 50 gr minyak
  • 2 gr air abu atau soda kue

Cara membuat Kue Bulan:

  1. Masak semua bahan golden syrup (kecuali lemon) hingga mendidih kemudian masukkan air perasan lemon. Masak kembali selama beberapa saat sampai agak kental lalu angkat dan sisihkan.
  2. Untuk membuat kulit kue bulan, campurkan semua bahan, lalu aduk hingga rata dan halus. Setelah rata, diamkan sekitar 1-2 jam.
  3. Siapkan kuning telur bebek asin mentah dan susun di atas loyang. Oven pada suhu 175 derajat celcius selama 10-15 menit.
  4. Kemudian, siapkan isian (kamu dapat menyesuaikan beratnya tergantung cetakan) dan beri tengahnya kuning terluar asin yang sudah di oven.
  5. Selanjutnya, ambil adonan kulit lalu bungkus menggunakan isian yang sudah disiapkan tadi. Kamu dapat memprediksi kira-kira berat isian, agar adonan tidak robek atau bocor.
  6. Setelah itu, tutup kembali menggunakan adonan kulit, dan beri baluran terigu lalu tekan-tekan sebentar.
  7. Oven pada suhu 175 sampai 180 derajat celcius selama 15 menit, keluarkan. Tunggu hingga dingin lalu oles dengan kocokan telur, oven lagi hingga kecokelatan.

Itulah resep kue bulan yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Untuk semakin meningkatkan kreatifitas dalam membuat kue ini, kamu dapat membuat isian moon cake lainnya sesuai selera kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Tag : #resep    #kue bulan    #selera nusantara    #moon cake    #tionghoa    #festival    #makanan    #tradisional    #kue   

Baca Juga