Kuliner khas Bantul, foto: Tugu Wisata

10 Kuliner Khas Bantul Yogyakarta yang Enak dan Murah

| Travel | 30-07-2022

PARBOABOA, Bantul - Yogyakarta merupakan daerah yang Istimewa, surganya tempat wisata dan sejarah Indonesia.

Setelah menjelajahi ke berbagai tempat wisata terindah di Bantul, kamu bisa memanjakan lidah dengan berburu makanan khas. Inilah deretan tempat kulineran di Bantul yang terkenal enak.

Jogja tidak hanya memiliki tempat wisata yang hits, namun juga punya kuliner yang bisa diandalkan.

Tidak melulu soal malioboro, tugu, prambanan, dan alun-alun, kali ini saatnya membahas mengenai kuliner khas di Bantul yang sudah terkenal dimana-mana.

Selain terkenal, tempat makan di Bantul terkenal dengan rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah.

Jika kamu bertanya dimana lokasi yang tepat untuk berburu kuliner, tentunya di sekitar Bantul tersebar kuliner yang enak, tidak hanya satu kawasan saja.

Berbagai menu masakan enak, legendaris, dan pas dikantong tersedia di Bantul dan bisa kamu pilih sesuai selera.

Banyak kuliner mulai dari makanan berat seperti sate, nasi goreng, dan ikan hingga camilan khas seperti geplak dan kuliner lainnya.

Berikut rekomendasi tempat kuliner di Bantul yang bisa kamu coba kunjungi.

1. Mie Pentil

Mie Pentil merupakan satu makan khas dari Bantul yang tepatnya dari Kecamatan Pudong. Bakmi ini dapat kamu temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di Bantul.

Nama pentil disematkan karena tekstur mie yang kenyal dan panjang dan ukurannya yang besar.

Mie pentil sendiri merupakan makanan yang berasal dari tepung tapioka atau sari pati ketela. Mie ini dibuat tanpa bahan pengawet dengan ketahanannya sekitar 12 Jam.

Mie ini juga di sajikan dengan cara yang unik yaitu menggunakan daun pisang kemudian diberi sambal dan bawang goreng.

2. Mie Des

Mie yang masih berkerabat dekat dengan mie pentil ini juga berasal dari tempat yang sama yaitu Kecamatan Pudong.

Mie des sendiri merupakan singkatan dari kata bakmie pedes. Bahannya sama dengan mie pentil yaitu tepung tapioka yang dibuat dengan tanpa menggunakan pengawet.

Mie des ini merupakan kuliner rintisan seorang warga Pudong yang bernama Mbah Pawiro. Saat ini usahanya diteruskan oleh cucunya yang bernama Mbak Anik dengan suaminya.

Letak warung mie ini berada di jalan Parangtritis Dusun Ngupit, Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Kabupaten

3. Karangan

Karangan adalah makanan khas Yogyakarta tepatnya berasal dari Kecamatan Kretek, Bantul.

Karangan ini merupakan makanan yang sehat karena terbuat dari rumput laut sehingga mengandung serat yang cukup tinggi.

Karangan ini dicetak di dalam batok kelapa dan masih terasa tekstur dari rumput lautnya. Berbeda dengan agar-agar pada umumnya, rasa karangan ini gurih dan sedikit agak asin.

Cemilan tradisional ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar. Biasanya, ketika dijual dikemas dengan menggunakan daun pisang.

Harganya pun sangat murah. Meski harganya murah, kandungan serat dalam rumput lautnya sangat bermanfaat bagi tubuh.

4. Mie Lethek

Mie lethek merupakan salah satu makanan khas Bantul yang terkenal. Dinamakan mie lethek karena warnanya yang kusam dan gelap, sehingga terkesan lethek (kotor atau lusuh).

Meski begitu, mi yang terbuat dari tepung singkong ini punya cita rasa yang lezat. Mie lethek biasa disajikan goreng maupun kuah.

5. Sate Klathak Pak Tong

Kuliner Sate Klatak Bantul ini sudahme legenda dan terkenal enak. Kedai dengan nama Sate Klatak Pak Pong ini selalu ramai pengunjung, baik dari wisatawan dalam Bantul ataupun dari luar daerah.

Kamu akan menjumpai parkir motor dan mobil yang berjejer penuh mengantri untuk mencicipi sate klatak pak Pong ini.

Dengan rasa yang nikmat kamu dapat merasakan olahan sate, tongseng, ataupun gulai Pak Pong di kedai pak pong.

6. Sate Kambing Sor Talok Tanpa Tusuk

Kamu bisa merasakan olahan daging kambing paling enak yang dapat kamu rasakan di Kedai Sor Talok Bantul.

Disini terdapat berbagai olahan daging kambing, mulai dari sate, gulai, tongseng, dan tengkleng yang membuatmu ingin makan lagi dan lagi.

Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung pada saat jam makan siang dan makan malam.

Jika kamu sedang berwisata ke Jogja, tidak perlu ragu untuk mampir ke tempat ini. Makanan disini dijamin membuat kamu ingin kembali lagi.

Menu disini dipatok harga mulai dari Rp 20.000 per porsi. Jika ingin makan ke Sate Kambing Sor Talok, tempat makan ini berada di Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul.

7. Kue Adrem

Kue Adrem merupakan penganan yang berasal dari Kecamatan Sanden di Bantul. Bahan utama dari kue adrem adalah tepung beras dan juga gula jawa.

Kue ini memiliki cita rasa manis dengan sedikit gurih. Kue ini bisa kamu jadikan cemilan pendamping minum kopi atau teh di sore hari.

Camilan ini merupakan penganan tradisional yang sudah cukup lawas, sehingga mungkin tak semua orang pernah mencobanya.

Kue ini dari luar terasa kering tetapi lumer di dalamnya. Jika kamu ingin mencobanya kenikmatan kue ini kamu bisa membelinya dengan harga 5 ribu dalam satu kemasan.

8. Kue Geplak

Kue geplak merupakan makanan ikon dari kota Bantul. Kue yang berwarna warni ini merupakan penganan yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan juga gula.

Dahulu kue ini merupakan makanan pengganjal rasa lapar yang dijadikan pengganti nasi, pada saat musim kemarau tiba.

Kue geplak kini berkembang menjadi camilan dengan tampilan yang menarik. Kue ini dibentuk bulat-bulat dan diberi warna-warna yang menarik.

Jika kamu ingin mencicipi kue ini, kini kue ini juga di jual dalam bentuk kemasan dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 25-30 ribu per setengah kilonya.

9. Sate Kronyos

Sate kronyos mungkin belum sepopuler sate klatak. Tapi, sate yang satu ini gak kalah nikmat, lho.

Sate kronyos dibuat dari bahan dasar koyor/gajih dan lemak sapi. Sate ini memiliki cita rasa gurih dan berlemak, cocok untuk disantap bersama lontong sayur.

10. Gathot

Gathot merupakan makanan ringan yang dibuat dari singkong yang telah dikeringkan atau biasa disebut dengan gaplek.

Gathot dibuat dengan cara mengkukus gaplek yang telah dikeringkan. Gathot ini biasanya disajikan dengan tambahan parutan kelapa agar rasanya semakin gurih.

Kenikmatan ghatot ditentukan dari kualitas singkong yang dibuat menjadi gaplek. Kini penganan ghatot juga telah dijual dalam bentuk kemasan untuk lebih praktis dengan nama Gatot Timul Yu Tum.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Bantul yang enak dan murah dan wajib kamu coba jika berkunjung ke Yogyakarta. Happy holiday!

Tag : #wisata bantul    #bantul    #travel    #tempat wisata    #kuliner bantul    #yogyakarta    #jawa tengah   

Baca Juga