Presiden Joko widodo (Dok: menpan.go.id)

Kursi Menpan-RB Belum Terisi, Jokowi: Masih Berduka

Dimas | Politik | 12-07-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini masih belum menentukan siapa pengganti Tjahjo Kumolo di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB).

"Belum, masih dalam proses semuanya," kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7).

Jokowi menyebutkan, saat ini masih dalam suasana berduka atas wafatnya Tjahjo, sehingga ia belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo.

Namun, dikatakan Jokowi, selama belum ada menteri definitif, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk sebagai menteri ad interim hingga 15 Juli.

"Kita juga menunggu, masih berduka," ucapnya.

Sebelumnya, internal PDIP selaku partai naungan almarhum Tjahjo mengaku telah menyiapkan beberapa nama sebagai pengganti Tjahjo.

Salah satu politisi PDIP, yakni Masinton Pasaribu mengatakan bahwa Ktua Umum Megawati Soekarnoputri akan mengusungkan nama Menpan-RB pengganti almarhum Tjahjo ke Jokowi setelah masa berkabung.

Internal partai, ucap Masinton, akan menunggu paling tidak dalam kurun waktu sepekan. Ia pun membeberkan sejumlah nama potensial yang akan mengisi kursi Menpan-RB, diantaranya Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, hingga Ketua fraksi PDIP di DPR Utut Adianto.

Namun, ia menyebutkan kewenangan menunjuk menteri sepenuhnya berada di tangan presiden.

Tag : #presiden jokowi    #menpan rb    #politik    #mendagri    #tjahjo kumolo    #tito karnavian    #pdip    #megawati soekarnoputri   

Baca Juga