La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin: Tulisan Arab, Arti, Manfaat dan Keutamaan

Penulis : Sari | Islam | 20-01-2023

La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin (Foto: Parboaboa/Lamsari)

PARBOABOA, Pematang Siantar - La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah penggalan Surah Al Anbiya ayat 87 sebagai doa yang dipanjatkan Nabi Yunus AS ketika berada di dalam perut ikan paus yang menelannya.

Dahsyatnya doa Nabi Yunus AS tersebut menjadi dzikir bagi kita agar lebih mudah menghadapi masalah hidup. Allah SWT menjamin bagi siapa saja hamba yang memohon dengan sungguh-sungguh, maka akan dikabulkan.

Lantas, bagaimana cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut Parboaboa sudah merangkum dari berbagai sumber tentang arti la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin, lengkap dengan tulisan Arab, arti, manfaat dan keutamaannya.

Arti La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin dipanjatnya Nabi Yunus kepada Allah agar dikeluarkan dari perut paus yang menelannya. Keadaan ini dialami Nabi Yunus ketika pergi dari kaum yang saat itu menentangnya.

Melansir dari buku Rahasia Agar Doa Mustajab (2010), dikisahkan bahwa selama bertahun-tahun berdakwah, Nabi Yunus putus asa karena kaumnya selalu menentang dan tidak mau beriman. Kemudian, ia berdoa kepada Allah SWT agar menurunkan azab.

Kemudian Nabi Yunus memperingatkan kaumnya bahwa azab Allah akan datang dalam tiga hari lagi. Ia pun berlayar meninggalkan kaumnya untuk mencari kaum lain yang akan mendengarkan seruannya. Namun, di tengah perjalanan kapal yang ditumpanginya terkena badai dan hampir tenggelam.

Nakhoda memberitahu bahwa harus ada orang yang dilempar ke laut untuk mengurangi beban kapal. Akhirnya Nabi Yunus menceburkan diri ke laut, lalu Allah memerintahkan ikan paus untuk menelannya. Setelah berada di dalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus membacakan doa yang bunyinya sebagai berikut:

Tulisa La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin Arab

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab latin: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (Surat Al Anbiya ayat 87)

Akhirnya, doa Nabi Yunus tersebut diamalkan oleh umat Muslim sebagai doa bertobat kepada Allah SWT.

Manfaat Membacakan Doa Nabi Yunus

La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin artinya memohon pertolongan kepada Allah agar dibebaskan dari masalah hidup. Sebagian ulama berpendapat, bagi siapa saja yang menyebutkan dzikir tersebut bisa membuat hajat atau harapannya dikabulkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat yang akan didapatkan apabila membacakan doa Nabi Yunus:

1. Keinginannya diijabah oleh Allah SWT

Setelah mengamalkan doa Nabi Yunus, maka Allah akan membantunya melewati kesulitan hidup. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist riwayat At-Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah:

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Tulisan La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin Arab

Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya).

Sesungguhnya tidaklah seorang Muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.

2. Mendapat Ampunan dari Allah

Jika kita mengamalkan doa Nabi Yunus dengan bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT.

3. Mendapatkan Pahala Orang yang Mati Syahid

Barangsiapa yang membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40x ketika sakit kemudian ia meninggal, maka ia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal secara syahid. Hal ini dijelaskan melalui riyawat Al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash.

Waktu yang Dianjurkan Membaca Doa Nabi Yunus

Adapun waktu yang sangat dianjurkan untuk membaca doa Nabi Yunus sebagai berikut:

  • Antara adzan dan iqamat
  • Menjelang waktu shalat dan sesudahnya
  • Waktu sepertiga malam yang terakhir
  • Sepanjang hari Jumat
  • Antara Dzuhur dan Ashar, dan antara Ashar ke Maghrib
  • Setelah khatam Al-Quran
  • Saat turun hujan
  • Ketika melakukan Tawaf

Keutamaan Mengamalkan Doa Nabi Yunus

Adapun keutamaan mengamalkan doa Nabi Yunus adalah:

  • Pengakuan atas doa yang dilakukan
  • Permohonan ampunan kepada Allah SWT
  • Pengakuan tauhid, percaya atas keagungan yang dimiliki oleh Allah.

Hal ini dijelaskan oleh Allah melalui surat Al-Anbiya ayat 87-88 sebagai berikut:

Surah Al Anbiya ayat 87:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Latin: Wa zan-nuni iz zahaba mugaaiban fa zanna al lan naqdira 'alaihi fa naadaa fiz-zulumaati al laa ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu minaz-zaalimn (87)

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ”Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Surah Al Anbiya ayat 88:

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗۙ وَنَجَّيْنٰهُ مِنَ الْغَمِّۗ وَكَذٰلِكَ نُـْۨجِى الْمُؤْمِنِيْنَ

Latin: Fastajabnaa lah wa najjainaahu minal-gamm, wa kazaalika nunjil-mu`miniin (88)

Artinya: “Maka Kami kabulkan (doa)nya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.”

Demikianlah ulasan tentang arti la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin, tentang doa Nabi Yunus AS, lengkap dengan tulisan Arab, arti, manfaat dan keutamaannya. Semoga ulasan di atas dapat manambah pengetahuan agama dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Editor : -

Tag : #pendidikan islam    #doa nabi yunus    #islam    #doa    #waktu berdoa    #keutamaan berdoa   

Baca Juga